fb_img_15739445482049070464833254396619

haloo rekan-rekan pegiat Renewable energy yang luar biasa.

Seri atau paralel battery sebaiknya gimana? apa saja yang harus diepenuhi ?

Banyak sebagian dari kita begitu asal memasang battery banknya kita ambil contoh battery dengan teknologi dan amper yg beda dijadikan satu seri. Battery agm diseri dg battery starting, ya sah-sah saja karena berdebat panjang lebarpun yang rugi kelak adalah yg melakukan hal itu tanpa mempertimbangkan hal-hal yg seharusnya tidak boleh dilakukan sudah banyak testimoni yang mengalami battery rusak karena tidak memperhatikan akan kondisi itu. maka kita tulis disini agar menjadi perhatian bersama sehingga kondisi battery kita tetap prima digunakan dalam jangka lama.

Diskusi Battery dengan plat tipis maupun plat tebal sudah sering kita bahas, meski ada yg kontra dengan pemakaian battery plat tipis dalam dunia PLTS toh tidak menghalangi minat kawan-kawan untuk membeli battery itu, pengguna PLTS semakin banyak, permintaan battery meningkat, safety perangkat serta cara maintenance battery  mengenai paramater penting dalam sebuah battery harus kita perhatikan juga parameter penting untuk mengindikasikan battery baik baca disini

 

Apa saja sebaiknya kiat kita dalam menggabungkan battery, kita pantau bersama disini…

apa yang harus diperhatikan dalam seri paralel battery , kita bahas bersama disini. oh ya agar batterymu bisa sampe 3tahun baca tips nya disini 

  1. Sebaiknya menggabungkan battery dg teknologi, pabrikan, kapasitas, jenis, SOH yg sama pada sebuah bank battery. Karakteristik yg berbeda dapat mengakibatkan pengisian dan pemakaian yg tidak sesuai bahkan sangat dimungkin merusak battery, misal SoH battery A tercatat 30% digabung dg Battery dengan Soh 80%, battery 80% akan mengalami apa yang dialami battery 30% yang mengakibatkan kedua-duanya akan sama-sama rusak.


Jika beda AH diparalel apa yang akan terjadi berikut ini analisanya baca disini ya

  1. Gabungkan dengan Ah yang sama. Ketidaksamaan kapasitas battery dapat mengakibatkan battery yg lebih besar tidak terisi penuh sedangkan bettery yg kecil akan penuh bahkan berlebih akibatnya bisa – hamil- meledak karena kelebihan muatan yang terus menerus diisikan ke battery, selama berlangsungnya pemakaian battery yg kecil akan cepat habis, point ini yg sering diperdebatkan battery agm 190 ah diseri dg 100ah, memang secara kasata mata tidak terjadi apa-apa karena effect nya kan tidak langsung seketika itu, namun jika kita ukur keduanya tentu yg jelas performa tidak akan maximal, si kecil akan dimungkinkan cepat rusak duluan, yg gede tidak pernah terpenuhi isinya,
  2. Tidak menggabungkan lebih dari 4 string battery secara paralel, hal ini untuk menghindari adanya perbedaan SOC dan SOH dari setiap rangkaian battery yang diisi. agar yakin batterymu baik-baik saja maka harus dilakukan uji dengan alat uji tester aki caranya berikut ini
  3. Battery harus dipasangi perangkat proteksi baik disisi – dan + nya, proteksi dihitung dari 1.25 x V battery, dan 1,25 x kemungkinan pengisian maupun pemakaian arus, biasanya dalam C10- 10 rate, temperatur maximum dalam perhitungan 45°c. Point 4 ini jarang sekali dilakukan.
  4. Battery harus berada dalam state of heart (SOH) dan state of charge (SOC) yg sama. SOC dapat dilihat dari tegangan tiap sel selama pembukaan rangkaian / tanpa beban. Sebaiknya V tegangan tiap sel tidak memiliki perbedaan hingga 0.02 V atau bisa mengacu ketentuan pabrikan yang diperbolehkan.

  5. jika battery diseri 24 atau 36, 48 dan seterusnya paling baik harus dipasang equalizer battery

  6. Tegangan V, arus Amper dan temperatur C, harus dichek secara berkala. Hal ini untuk memastikan battery dalam kondisi SOH state of health yg baik. Sehingga awet untuk digunakan sampai bertahun-tahun lamanya.

agar batterymu baik-baik saja maka dalam rangkaian seri diatas bisa kita pasangi low voltage device sehingga voltase battery tidak sampai dikuras habis berikut ini caranya. 

Gimana pakdhe.. mau memperhatikan hal-hal diatas.
Segala keputusan apapun dalam merangkai seri maupun paralel akan berimplikasi pada lama/tidaknya battery mu dapat dipergunakan.

Colek Hermawan Riyadi Eh Akrie Suyitno Ledeng Djoe Amura Mdjms Wilmar Slamet Sutrisna Rio Vian Rizky Af Afroni Roes Irawan Roe Khann Too Ali Mahmudi jossss

Keputusan mu adalah penentu kebaikan battery mu…
Ya terima saja resiko dari setiap kesalahan penyambungan yg pernah dilakukan…hihihi rusak ganti yg baru…

Salam jossss…

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy