spot pada panel suryahallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Customer komplain akan masalah barang yang dibeli itu bukanlah suatu masalah, yang menjadi masalah jika komplainan dari customer justru diabaikan oleh produsen, seperti beberapa waktu yang lalu pada kasus snailtrack yang menimpa merk-merk ternama justru hanya sedikit yang merespon artinya mereka enggan bahkan tidak peduli kepada customernya sehingga tidak mau menggaransi produk yang dijualnya. ibarat kata menjual semurah-murah sebanyak-banyaknya giliran ada masalah lalu kabur angkat tangan, seperti yang terjadi pada kasus merk ** yang sampai managernya langsung muter-muter pernyataan untuk menggaransi produknya yang banyak ditemukan cacat berupa snailtrack. hal ini tentu akan menjadi catatan tersendiri dalam memilih solar panel, baik PV tier satupun punya kemungkinan besar terkena defect cacat produksi seperti yang pernah kita bahas juga, bahka pv tier 1 yang digadang-gadang produk super pun tak bisa lepas dari cacat produksi bisa baca disini tentang cacat pada PV tier 1, sebagai bahan apa itu snailtrak dan pengaruh buruknya biar kalian paham antisipasi dan upaya pencegahanya bisa baca disini 

Maka Berkaca pada masalah itu kali ini kita akan sedikit menjelaskan kepada kalian semua tentang temuan dari customer dilapangan tentang adanya titik-titik spot pada panel surya yang jumlah bahkan lebih dari 30 titik menyeluruh pada panel surya, apakah itu hotspot ? apakah mengganggu performance ? apakah sudah uji laboratorium ? bagaimana hasilnya ? apa pengaruhnya ?

untuk snailtrack pada merk-merk ternama yang sudah kita list dan update pada grup komunitas bisa baca disini

mari kita ulas bersama berikut ini.

temuan ini sebenarnya ditemukan pada sekitar akhir tahun 2019 jadi bukan barang baru lagi, dan kita waktu itu sudah menjelaskan kepada teman-teman juga mengenai ini, apa itu titik-titik spot pada panel surya yang ditemukan pada sebagian besar anggota komunitas.

Temuan pada tahun 2019 mengindikasikan adanya lebih dari 30titik pada panel surya dari atas sampai bawah panel surya, customer awam tentu akan mengira terjadi hotspot pada panel suryanya kan ? apakah ini hotspot tentu tidak, tenang, masalah ini waktu itu kita langsung tanyakan kepada pihak produsen mengenai temuan ini bahkan dari pusat sendiri langsung mengadakan uji laboratorium untuk menguat hasilnya. sehingga konsumen menjadi tenang akan produk yang sudah diterimanya.

Analisa tanda -tanda itu seperti ini, problem analisa munculnya tanda -tanda titik spot pada panel surya :
Problem analyze :

When the solar cells are in coating craft, the four card points are stuck in the graphite board, therefore, when the coating is applied, the four card point are not plated and surrounding plating is uneven. Each cell has a blue film. The film increases the absorption of light dan reduces the reflection of light. The four point have no effect on the operation of the later solar panels working, and it wont’t spread as it just didn’t cover the blue film

Ketika sel surya berada dalam lapisan coating, empat titik point terjebak di papan graphite, oleh karena itu, ketika lapisan diterapkan, empat titik point tidak tercoating sehingga pelapisan sekitarnya tidak merata. Setiap sel memiliki blue film. Film ini berguna untuk meningkatkan penyerapan cahaya dan mengurangi pantulan cahaya. Keempat titik tidak memiliki efek pada pengoperasian panel surya saat berfungsi, dan itu tidak akan menyebar karena tidak menutupi blue film.

Merk-merk yang mengalami kondisi diatas :

JA Solar – Tier 1
Yingly Solar
Namkoo
Jsky
Kenika Solar
dan banyak lagi Merk lainnya

Apakah itu masih masuk dalam garansi ?

Jelas Panel suryanya masih tercover garansi, jika titik-titik spot itu bisa dibuktikan dengan data-data lengkap mampu mempengaruhi performance tentu bisa tuker dengan yang baru, karena terkait garansi performance juga garansi produk. namun data-data dibawah ini akan menjawab bahwa titik-titik itu bukanlah suatu masalah yang berarti jadi klaim garansi karena titik itu mungkin tidak bisa dilakukan, lah panel suryamu normal, performance normal, baik-baik saja kok minta garansi karena titik spot itu, kecuali terdapat cacat produk seperti snailtrack atau defect lainnya.

tapi dengan catatan pada perusahaan yang bisa klaim garansi ya.

Pada dasarnya semua merk ada tanda itu, bedanya ada yang terlihat jelas ada yang begitu samar, bisa diteliti pada panel suryanya masing-masing.

jenis PV apa saja yang bisa terkena itu ?

pada jenis polycristaline yang sementara ini ditemukan banyak itu. untuk mono jarang ditemukan

Kesimpulan adanya titik-titik spot adalah ?

Setelah dilakukan pengujian Laboratorium sebagai berikut :
Kita sudah cek ke pabrik dan dipastikan itu bukan Efek Hotspot. Itu terjadi di 1 step di dalam proses pembuatan solar cell sesuai cara penjepitan cell panel surya  tersebut, maka akan ada yang timbul tanda yang terlihat di atas cell nya, seperti di foto. setelah dilakukan uji laboratorium tidak akan ada efek pengaruh pada performa pada panel surya-nya hanya sedikit estetika yang sedikit kurang saja.

Sebagai tambahan, untuk hotspot, biasa nya terjadi di bagian tengah cell dan bukan seperti itu ciri-cirinya, sebagai tambahan tentang hotspot serta ciri-cirinya biar gak gagal paham tentang hotspot bisa baca disini

Conclusion :

This Solar cell outlook point are normal and don’t affect the quality usage, which also won’t spread in the future because it is not covered the blue film when in production. Each solar panel have such point, some looks not obvious, same looks many points and serous, it is random

  • Titik point pada sel surya ini normal dan tidak memengaruhi kualitas penggunaan, yang juga tidak akan menyebar di masa mendatang karena tidak tercakup blue film saat diproduksi. Setiap panel surya memiliki titik seperti itu, beberapa terlihat tidak jelas, terlihat sama banyak titik dan membranya, itu terlihat acak
  • Pada Pengujian EL test, hasil menunjukkan solar panel kualitas terbaik yang sudah disahkan oleh quality controlnya.

Gimana sudah paham kan ya
Salamm jossss


Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy