hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Keberadaan listrik menjadi hal penting bagi hidup manusia, namun jika listrik digunakan terus menerus, nantinya akan habis, karena sumber dasar pembuatan dari bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas bumi dan batu bara. Di dalam prosesnya pun banyak mengeluarkan zat CO2 yang berlebihan sehingga amat berbahaya bagi lingkungan dan dapat merusak lapisan ozon. Kini saatnya kita smart menggunakan listrik Energi Terbarukan melalui modul surya dengan bersumber dari sinar matahari, yang tentu sumbernya tidak akan habis. Selain itu penggunaannya ramah lingkungan dan dapat menghemat pengeluaran listrik PLN.

PT. Indodaya Cipta Lestari (ICASolar) turut serta dalam mempercepat penggunaan Solar PV di Indonesia dengan memproduksi berbagai modul surya yang berkualitas baik. Kami akan memberikan solusi dan training (edukasi) mengenai penggunaan modul surya bagi customer.

Matahari telah menghasilkan energi selama miliaran tahun. Kami menyebutnya energi surya. Energi surya tidak menghasilkan polutan dan merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang paling bersih. Teknologi PV surya dikembangkan pada tahun 1960-an untuk penggunaan di luar angkasa. Teknologi yang telah matang ini sekarang digunakan dalam penggunaan atap Komersial dan Industri. Modul Surya PV mengubah sinar matahari menjadi listrik yang dapat digunakan. Modul ini membutuhkan perawatan yang rendah biaya dan mudah dengan memanfaatkan teknologi fotovoltaik surya (yaitu panel surya). Karena Asia biasanya menerima paparan sinar matahari yang berlimpah, perusahaan-perusahaan di Asia berada dalam posisi unik untuk secara positif mengurangi tagihan listrik mereka.

Bagaimana cara Sistem ini mengurangi biaya energi bagi kami?

Sistem PLTS On-Grid tidak memutus atau mengganti sambungan listrik Anda saat ini. Sistem yang dipasang memberikan daya ke fasilitas dan hanya mengurangi jumlah energi yang diambil dari jaringan. Ketika penghasilan energi dari PLTS tidak mencukupi dari yang dibutuhkan, keseimbangan diambil dari jaringan. Fasilitas tetap terhubung ke jaringan seperti sebelumnya. Biaya energi keseluruhan akan sangat berkurang.

KARAKTERISTIK

  • Pemasangan PLTS Atap tidak menambah daya listrik yang sudah terpasang di rumah Anda. Sistem PLTS Atap akan memproduksi energi listrik saat mendapat sinar matahari, dan berhenti memproduksi di malam hari.
  • Kondisi optimal PLTS Atap bekerja pada pukul 10:00 sampai 14:00 dengan cuaca/kondisi normal. Sistem PLTS Atap mampu menstabilkan tegangan listrik yang dihasilkan, sehingga menjaga peralatan elektronik yang digunakan menjadi lebih tahan lama.
  • Sistem PLTS Atap akan mengutamakan kebutuhan beban rumah terlebih dahulu. Setelah energi listrik yang diperlukan terpenuhi, sisa energi listrik yang tidak digunakan untuk beban rumah maka akan diekspor ke jaringan PLN Berdasarkan karakteristik PLTS Atap hal tersebut menunjukkan bahwa sistem ini berorientasi pada penghematan listrik dari penggunaan sebelumnya.
  • Sistem PLTS On-Grid tidak dapat berdiri sendiri, sehingga saat listrik PLN mati sistem PLTS-pun ikut mati. Ini merupakan fitur proteksi anti-islanding yang berfungsi untuk mencegah mengalirnya listrik ke jaringan PLN pada saat terjadi pemadaman.
  • Jika kWh meter ekspor-impor belum terpasang dan pemakaian listrik pada siang hari rendah, maka disarankan agar PLTS tidak dinyalakan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kesalahan baca kWh konvensional yang menganggap kelebihan daya produksi sebagai beban.

KOMPONEN

  1. Modul Surya (SolarCell /PVModule) Mempunyai fungsi untuk menyerap dan merubah energi matahari menjadi energi listrik arus searah (DC).
  2. Grid Inverter Mempunyai fungsi untuk mengubah arus searah (DC) dari solar cell / pv module menjadi arus bolak balik (AC) yang dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga, juga berfungsi untuk mengatur pengisian baterai, serta mengatur penggunaan arus dari PLN.
  3. kWh Meter Ekspor-Impor Mempunyai fungsi seperti kWh meter konvensional, namun dapat menghitung energi yang digunakan dari PLN ke beban listrik di rumah dan dari PLTS ke jaringan PLN.

DETAIL KOMPONEN

PV MODULE PV Module merupakan perangkat yang terdiri dari sel Photovoltaic yang berfungsi menyerap sinar matahari kemudian mengkonversinya sehingga menjadi energi listrik. Teknologi solar panel telah dikembangkan secara luas. Melalui solar panel, sinar matahari dikonversi menjadi energi listrik. Hasil konversi inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik. Secara umum terdapat tiga jenis solar panel, Monokristalin (mono-crystalline), Polikristalin (Poly-crystalline) dan Thin Film Photovoltaic. Monokristalin adalah panel yang paling efisien yang dihasilkan dengan teknologi terkini dan menghasilkan daya listrik persatuan luas yang paling tinggi. Sedangkan Polikristalin memiliki susunan kristal acak karena dipabrikasi dengan proses pengecoran dan Thin Film Photovoltaic adalah panel dengan dua lapisan yang memiliki struktur lapisan tipis mikrokristalin-silikon dan amorphous dengan efisiensi modul hingga 8.5%

GRID INVERTER Inverter adalah Rangkaian elektronika daya yang digunakan untuk mengkonversikan tegangan searah (DC) ke suatu tegangan bolak-balik (AC). Ada beberapa topologi inverter yang ada sekarang ini, dari yang hanya menghasilkan tegangan keluaran kotak bolak-balik (push-pull inverter) sampai yang sudah bisa menghasilkan tegangan sinus murni (tanpa harmonisa). Inverter satu fasa, tiga fasa sampai dengan multifasa dan ada juga yang namanya inverter multilevel (kapasitor split, diode clamped dan susunan kaskade). Dalam dunia praktis, umumnya terdapat 2 jenis inverter, yaitu Grid Inverter dan Baterai inverter (Bidirectional Inverter). Tiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda. Grid inverter dipasang sebagai penghubung antara PV dengan Panel AC sedangkan Baterai inverter menghubungkan Panel Baterai dengan Panel AC.

KWH METER EKSPOR-IMPOR Penggunaan PLTS On-Grid Rooftop harus disertai dengan penggantian kWh meter konvensional menjadi kWh meter ekspor-impor. Hal tersebut karena: kWh Meter Konvensional Mengukur besar energi listrik yang disuplai PLN untuk rumah, namun tidak dapat menginterpretasikan produksi energi listrik dari PLTS Atap yang diekspor ke jaringan PLN. Kondisi tersebut mengakibatkan energi listrik yang diekspor terhitung sebagai beban rumah yang digunakan. kWh Meter Ekspor-Impor Mampu mengukur jumlah energi listrik yang diekspor dari PLTS Atap ke jaringan PLN dan sebaliknya yaitu impor dari jaringan PLN ke beban rumah. Sehingga Anda akan memperoleh penghematan tagihan listrik sesuai dengan nilai energi listrik yang diekspor

Berniat untuk membaca lebih banyak lagi ?

ada beberapa buku menarik yang bisa di download untuk bahan bacaan anda : Silahkan didownload >>

  1. Hemat listrik dengan Sinar matahari PLTS atap Ongrid Perumahan by ICA solar
  2. Buku Instalasi PLTS Dos & Don’ts
    menyajikan sekitar 600 foto instalasi PLTS off-grid yang telah dibangun, dan disertai dengan rekomendasi dan landasan teori singkat tentang kondisi di dalam foto tersebut. Buku ini diharapkan dapat dijadikan rujukan di dalam proses perancangan, pemasangan, proses verifikasi, serta pengoperasian dan pemeliharaan sistem PLTS off-grid sehingga keamanan dan keandalan sistem dapat terjamin, umur pakai komponen meningkat, operasional yang lebih efisien, risiko kerusakan yang kecil, dan memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan.
  3. Poster Troubleshooting PLTS
  4. Panduan FS PLTS Terpusat final spread
  5. Waste to Energy Guidebook – English Version
  6. Solar_Energy_Mapping_the_road_ahead
  7. Panduan Singkat Pengembangan PLTMH
  8. Buku Pedoman Praktik Terbaik – Skema PLTMH Off Grid untuk Listrik Pedesaan
  9. Buku Investasi Bioenergi
  10. PLTS-Off_Grid_Komunal_optimize
  11. Inspection Guide for PVVP – Panduan Inspeksi Sistem PLTS
  12. Renewables 2018 Analysis and Forecasts to 2023 IEA
  13. Potensi dan Peluang Investasi EBTKE
  14. IRENA_RE_finance_Green_bonds_2020
  15. Pedoman K3 dan Lingkungan Instalasi Biogas

selamat membaca
salam Renewable Energy
temonsoejadi


 

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy