Hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Engkau pernah merasakan mati listrik berhari-hari tanpa listrik ?

hmm hampir tidak pernah mati listrik kecuali untuk daerah jabodetabek dan sebagian besar jawa barat yang pernah blackout selama 3 hari yang mengacaukan semua tatatan system yang ada. Hampir kita semua yang hidup dikota menikmati melimpahnya pasokan listrik dari PLN, tapi tahukah kamu bahwa ada sebagian dari sahabat kita didaerah sana yang belum pernah tersentuh listrik sama sekali, maka ayo kita disini membantu merancang terpusat untuk memudah mereka mendesain system untuk daerahnya.

Kita tahu bahwa pada negara-negara berkembang, sebagian besar jaringan listrik hanya tersedia di kota-kota besar atau daerah-daerah dengan tingkat kepadatan penduduk relatif tinggi dan tidak jauh dari akses transportasi publik. Adapun penduduk yang tinggal di daerah-daerah terpencil di pelosok-pelosok daratan ataupun yang tersebar di pulau-pulau kecil yang jauh dari akses transportasi publik, maka seakanakan hanyalah sebuah “mimpi” bagi mereka untuk terjamah oleh jaringan listrik. Sulitnya akses dan mobilisasi ke lokasi menjadikan biaya investasi pengembangan jaringan listrik atau pembuatan pembangkit konvensional (diesel generator) menjadi membengkak, ditambah lagi biaya operasional dan maintenance yang tidak sedikit akibat sulitnya transportasi menuju lokasi. PLTS OffGrid merupakan solusi alternatif penyediaan energi listrik di daerah-daerah terpencil tersebut dengan memanfaatkan energi gratis melimpah ruah dari matahari yang dikonversi menjadi energi listrik untuk melayani kebutuhan listrik penduduk di sekitarnya.

Bagaimana kita mendesainnya, apa peralatan utamanya, berapa investasi awalnya, bagaimana perawatannya, apa kendala dilapangan …..


mari kita ulas bersama disini :

PLTS terpusat atau biasa disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal pada dasarnya adalah SHS ( Solar Home System) yang di desain berskala besar sebagai alternatif / solusi penyediaan sumber listrik yang praktis dan flexible untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk peralatan rumah tangga, penerangan, memasak, dll, terutama pada daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN mau pun sebagai sumber listrik cadangan backup bilamana sumber listrik utama terganggu. PLTS Sentralisasi dibangun dalam satu area terpusat, dengan pemanfaatan lahan terbuka atau bisa juga dibangun pada seperti di atap / dek gedung atau tempat potensial lainnya :

Aplikasi:

  • Daerah tidak terjangkau jaringan listrik (PLN)
  • Rumah perkebunan & pertambangan
  • Pulau terpencil
  • Daerah-daerah wisata

 

Sebelum kita melangkah lebih jauh bahwa ada beberapa alasan kenapa kita memilih Panel surya untuk kita gunakan sebagai powerhouse menerangi daerah desa tertinggal :

Alasan-alasannya sebagai berikut ini :


CLEAN, FREE, EVERYTIME, EVERYWHERE

  • Energi yang dihasilkan merupakan energi BERSIH karena bersumber dari matahari, tidak menghasilkan polusi ataupun pencemaran udara. Dengan memanfaatkan energi GRATIS dari matahari untuk menghasilkan energi Listrik yang apat digunakan KAPAN SAJA, dan di MANA SAJA selama matahari menyinari tempat tersebut.

SHORT LEAD TIME & EAZY TO OPERATE

  • Pembangunan Sistem PLTS sangat cepat dibandingkan dengan Pembangkit listrik yang lain, rata-rata 3 s/d 6 bulan penduduk sudah dapat menikmati listrik dari sistem PLTS ini. Selain itu sangat mudah dioperasikan oleh operator sehingga penduduk setempat tidak memerlukan tingkat pendidikan yang sangat tinggi atau keahlian khusus untuk dapat mengoperasikan sistem ini.

ZERO MAINTENANCE & LOW OPERATIONAL COST

  • Karena sistem pembangkit ini sangat praktis dan tidak memiliki komponen bergerak (motor), sehingga dapat dikatakan sistem ini tidak membutuhkan biaya perawatan rutin. Selain itu karena tidak menggunakan BBM baik bensin ataupun solar sehingga dapat menekan biaya operasional bulanan

REASONABLE LIFE TIME PERIOD

 

  • Komponen PLTS memiliki umur teknis yang cukup memadai yang menjadikan sistem PLTS OffGrid ini cukup beralasan (secara ekonomis) jika dipasang pada daerah-daerah terpencil yang jauh dari akses transportasi publik. Jika sistem beroperasi dengan normal dan dirawat maka minimal dapat bertahan selama 10 tahun tanpa perlu adanya perbaikan atau penggantian peralatan.

Bagaimana sudah paham tentang kenapa PLTS begitu menarik untuk diterapkan didaerah-daerah terpencil, lalu apa Peralatan yang kita buutuhkan untuk mewujudkan itu ?

 

Peralatan untuk mendukung pendirian PLTS terpusat Desa adalah sebagai berikut ini :

  • Photovoltaic Array adalah rangkaian dari beberapa Modul Panel Surya, yang merupakan energi terbarukan (renewable energy) yang ramah lingkungan. PV Array ini pada siang hari akan menghasilkan energi listrik yang kemudian disimpan dalam baterai sehingga sewaktu-waktu dapat dipergunakan, terlebih pada malam hari
  • Solar Charge controller merupakan peralatan yang berfungsi mengatur pengisian dari PV Array ke baterai agar tidak terjadi overcharge (pengisian berlebih) dan overdischarge (pembebanan berlebih)
  • Bidirectional Inverter merupakan peralatan yang berfungsi untuk merubah arus searah (DC) dari Modul Surya dan Baterai menjadi arus bolak-balik (AC) pada sisi beban. Disamping itu jika diperlukan, alat ini bisa dihubungkan dengan diesel generator untuk mensupport pengisian baterai dan mensuplai beban jadi aman digunakan kapan saja serta dibackup dengan power source lain
  • Battery Bank merupakan peralatan penyimpan energi yang dihasilkan dari modul surya yang berfungsi sebagai cadangan energi.

 

Hanya 4 komponen penting yang kita perlukan untuk membangun PLTS komunal untuk menerangi des sehingga menjadi maju bisa menikmati listrik gratis, mantapp kan..

Adakah data – data pembanding yang bisa di download 😕

Evaluasi PLTS terpusat
Perencaan Plts terpusat
PLTS terpusat offgrid
Analisis biaya dan Perencaan PLTS terpusat
PLTS terpusat hybrid and stand alone
Dasar perencaan plts terpusat
Potensi Peranan PLTS sebagai energy alternatif
Perencanaan system plts terpusat offgrid


bagaimana cara kerja PLTS dengan Peralatan diatas ?

cara kerjanya bisa kita jelaskan sebagai berikut :

Pada siang hari, energi listrik yang dihasilkan oleh Modul Surya (PV) akan langsung disalurkan ke

beban melalui inverter. Sebagian energi listrik yang tersisa akan dipergunakan untuk mengisi  baterai. Proses pengisian energi listrik dari PV ke baterai diatur oleh Solar Charge controler agar tidak terjadi over charge. Besar energi yang dihasilkan oleh PV sangat tergantung kepada intensitas penyinaran matahari yang diterima oleh PV dan efisiensi cell

Jika kondisi berawan atau mendung atau Saat sore hari menjelang matahari terbenam PV akan menghasilkan energi listrik dari matahari namun tidak maksimal, Maka Energi dari PV akan dipergunakan untuk mensuplai beban dan kekurangan supplai energi ke beban akan diambil dari baterai (PV dan Baterai secara parallel mensuplai beban)

Pada malam hari, sumber energi matahari tidak dapat dimanfaatkan lagi, maka beban akan disupplai oleh baterai. Energi yang tersimpan dalam baterai pada siang hari akan dipergunakan untukmenyuplai beban saat dibutuhkan melalui Inverter. Inverter mengubah tegangan DC pada sisi baterai menjadi tegangan AC pada sisi beban.

Berapa nilai Investai Awal ?

Nilai Investasi untuk merancang PLTS komunal harganya bervariasi tergantung berapa kebutuhan daya yang hendak kita suplay ke rumah-rumah desa

maka kita kasih gambaran untuk paket PLTS Terpusat Offgrid biaya paling rendah Mulai Per paket 1000watt nya adalah 30jutaan. Jadi kalau butuh 20Kwp ya harus siapkan dana awal 600jutaan.
Angka ini belum termasuk biaya kirim barang,instalasi, peninjauan lokasi serta biaya lainnya yang diperlukan.


Apa kendala dilapangan yang biasa terjadi :

Masyarakat desa yang umumnya menjadi operator PLTS belum paham betul dengan sistem yang terpasang di desa mereka. Kurangnya pemahaman akan pentingnya mematuhi peraturan yang dibuat dan disepakati bersama mengenai jumlah energi yang disalurkan di tiap rumah, iuran per bulan yang harus dibayarkan, seringkali menjadi kendala utama sistem PLTS tidak beroperasi dengan baik setelah pembangunan selesai dilakukan. Keberadaan tenaga ahli di bidang PLTS yang juga memahami keadaan sosial masyarakat menjadi kebutuhan yang harus tersedia paling tidak di setiap provinsi. Sayangnya, hingga saaat ini tenaga ahli terkait dengan PLTS masih terpusat di Pulau Jawa.

Maka perlu adanya Keterlibatan masyarakat dalam setiap proses pembangunan PLTS juga penting untuk menjaga sistem tetap dapat beroperasi setelah kontraktor pergi. Masyarakat yang terlibat, terlebih secara sukarela, akan merasa memiliki sistem yang ada di desa mereka. Adanya rasa memiliki membuat masyarakat bersedia merawat dan berhati-hati dalam memanfaatkan PLTS yang mereka miliki. Sebaliknya, jika masyarakat hanya mengetahui sistem sudah jadi dan mereka memiliki hak untuk menggunakan, tanpa sadar adanya kewajiban merawat sistem, niscaya keberlanjutan sistem tersebut tidak akan berlangsung lama.

Bagaimana tertarik untuk mengaplikasin PLTS untuk daerah desa tertinggal ? tentu ada plus minus tantangan yang harus dihadapi dan itu akan selalu ada pada pembangkit listrik mananpun. Jadi Asa itu masih ada untuk menjadikan terang seluruh indonesia.


Ingin punya Alat-alat diatas, cukup wa.me/6285711256257 Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi
————————–

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas lagi hal-hal menarik mengenai Renewable energi.

Salam luar biasa.
Semoga sehat selalu