Safety First atau Kesetrum First????

Bahaya kesetrum mengintai, sudahkah memasang alat ini? MCB AC saja tidak cukup paklekk.!!!!

Harus kita akui bahwa tidak semua orang dirumah kita paham betul tentang listrik serta bahaya-bahaya nya, betul tidak paklek….

Seperti yg kemaren diposting paklek Sigit Temon , kita ulas lagi ya…. kita berusaha keras memproteksi peralatan PV system serta elektronik kita yg harganya mahal dari bahaya petir, bahaya surge, maupun voltase yg tidak stabil seperti yg kita bahas kemaren, namun kita kadang mengabaikan sesuatu yg paling berharga, apa itu…”ya jelas anggota keluarga” kita lupa bahaya kesetrum pun mengintai mereka kapan saja, seperti kejadian didaerah saya- seorang orang tua kehilangan anaknya karena kesetrum listrik.. jangan sampai terjadi ya….

Apa yg harus dipasang ? RCBO atau ELCB ??
Kedua alat ini mempunyai perbedaan mendasar, meski intinya hampir sama.

 

ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker secara fisik mirip dengan MCB pada umumnya. Namun perbedaan utama dari unit tersebut adalah membatasi kebocoran listrik ke ground yang biasanya terjadi karena seseorang tersengat listrik atau terjadi kontak dengan baja konstruksi saat pemasangan.

Sedangkan..

RCBO, alat proteksi terhadap bahaya sengatan listrik / arus bocor (sebagai ELCB) sekaligus proteksi beban lebih (sebagai MCB) dalam 1 komponen. jadi rcbo itu ya MCB + ELCB canggih kan paklekk. Rcbo akan memutus kurang dari 0.1 detik untuk mematikan aliran listrik saat ada orang kesetrum, lumayan sangat aman kan.. jossss pokokke

Gimana sudahkah memasang alat ini pada peratalan listrikmu, perhatikan cara pasangnya ya… Kalau salah pasang akan jeprett mulu hahahahahahahaha.. tapi ojo mumet ya.

Ingat grounding itu penting, lain kali kita bahas tentang ini. …why harus ada grounding ??

Colek orang-orang josss… Wilmar Slamet Sutrisna Suyitno Ledeng Djoe Amura Mdjms Rizky Moh Anas Roe Khann Too Roes Irawan Bima’mbe Mbe Hermawan Riyadi Budi Rusmanto Nur Harjanto Andhika Chandra Wijaya

Salam jossssssss.