PV TIER 1 TERKENA DEFECT (CACAT), BISAKAH?

halo rekan-rekan pegiat Renewable energy yang luar biasa.

well, tentu yang punya pv tier 1 ketar-ketir karena meskipun produk tier 1 unggulan masih berpotensi juga terkena defect pv, meskipun jarang ditemukan tapi kemungkinan itu selalu ada, jadi bukan pv tier 2 & 3 saja yg jadi bulan-bulanan langganan defect ternyata PV tier 1 juga menjadi langganan defect cacat produksi.

pada kesempatan yang lalu kita pernah membandingkan antara pv Grade A dengan PV Tier 1 pada artikel baca disini. disana kita menjabarkan sekaligus memberikan opsi-opsi alternatif pv yang bisa kita miliki dengan aftersales yang bagus. jadi masalah garansi akan menjadi perhatian penting bagi kita yang hendak menggunakan panel surya untuk mensuplay kebutuhan listrik kita, karena jangka panjang masa pakai panel surya harus didukung dengan panjang juga garansinya, bukan hanya sekedar beli lalu lupakan, yang nantinya malah bisa jadi produk kita menjadi masalah dan tidak ada klaim garansi yang dapat kita tekankan. maka disini kita akan membahas Defect apa saja yg dimungkinkan mampu menjangkiti PV tier 1? Apa langkah pencegahan nya? preventife maintenance seperti apa ?

Meskipun langkah preventif maintenance PV sering kita ulas, setidaknya kenali 8 defect yang menjadi momok dalam dunia photovoltaik, apa saja itu

mari kita diskusikan bersama

cacat pada panel surya tier 1 yang sudah pernah ditemukan dalam instalasi solar panel didunia

A. Micro-Cracks.
B. Hot Spot.
C. Fire.
D. Delamination.
E. Shattering.
F. Ingress.
G. Deformation.
H. Discolouration.

  1. Mikro
    Retakan mikro adalah retakan yang disebabkan oleh tekanan atau tekanan pada sel surya silikon panel surya. Keretakan ini sering tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, hanya dengan metode pengujian khusus. Retak mikro adalah awal untuk begitu banyak kerusakan panel surya atau sel tidak aktif dalam modul surya.

mengenai matery snailtrack bisa baca disini

  1. Hot Spot.
    Hot spot adalah kenaikan suhu lokal di dalam panel surya yang menyebabkan efek buruk pada efisiensi dan degradasi modul surya. Jika Anda melihatnya di panel surya Anda segera hubungi installer Anda. Hot spot tidak stabil dan pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan bencana.

mengenai apa itu hotspot lebih lengkap bisa baca disini

  1. Fire
    Bahaya potensial ekstrem yang ada pada produksi energi surya, terutama saat berada di atap rumah keluarga. Kebakaran panel surya tidak biasa seperti retakan mikro atau titik panas, tetapi lebih merupakan keadaan berevolusi dari cacat yang mendasarinya, tidak peduli seberapa kecilnya tampaknya.
  2. Delaminasi
    Delaminasi adalah masalah serius karena memungkinkan kelembaban untuk menembus komponen listrik internal yang pada gilirannya akan menyebabkan kegagalan bencana, membutuhkan penggantian. Seperti yang digambarkan pabrikan, panel surya Tier-1 dianggap tidak asing dengan masalah ini, terdiri dari bahan berkualitas rendah dan metode konstruksi yang lebih murah untuk mencapai volume massa yang dibutuhkan untuk kualifikasi Tier-1. Sebuah hasil yang Mempengaruhi konotasi negatif terhadap energi matahari ketika terjadi kesalahan.
  3. Shatter
    Semua panel surya harus memiliki tingkat ketahanan terhadap elemen yang dapat mempengaruhi kehancuran. Namun ini akan bervariasi dari produsen ke produsen karena kualifikasi bahan (pemilihan kaca) dan proses konstruksi bervariasi secara dramatis. Penyebab utama pecahnya bervariasi antara lingkungan, konstruksi dan instalasi.
  4. INGRESS
    Ketika kelembaban menembus lapisan pelindung modul surya lalu melakukan kontak dalam sirkuit listrik internal. Maka Sangat mempercepat degradasi panel dan akhirnya mengarah ke kegagalan produksi surya. Ingress terutama disebabkan oleh jalur produksi berkualitas rendah dan kualifikasi bahan yang lebih rendah.
  5. Deformasi
    Deformasi dalam bentuk yang paling parah kemungkinan disebabkan oleh kombinasi efek merugikan yang tercantum dalam 6 kategori sebelumnya atau sebagai akibat dari sifat penguatan yang tidak memadai dalam panel surya. Meskipun demikian, ada dua area utama di mana pengaruh deformasi panel surya menonjol: Pusat panel tempat merosotnya atap menonjol dan wilayah rangka luar.
  6. Perubahan warna
    Perubahan warna akan mengubah “mengkilap” atau lembar belakang pelindung menjadi warna kuning / coklat. Ini adalah reaksi kimia antara bahan berkualitas rendah yg terkena sinar matahari. Lebih sering muncul dalam beberapa tahun pertama paparan sinar matahari. Kualifikasi materi yang buruk atau murah adalah sumber kegagalan tersebut. Setelah perubahan warna dimulai, panel mengalami perubahan konstan dari keadaan aslinya yang pasti akan menyebabkan kerusakan material.

Langkah maintenance PV apa saja.??

Sistem PV (PhotoVoltaic) tidak memerlukan pemeliharaan konstan.

  • Meskipun disarankan untuk menjaga bagian depan (sisi kaca) modul tetap bersih agar memastikan bahwa produksi energi tidak terpengaruh.
  • Menghilangkan debu atau puing-puing dapat dilakukan dengan menggunakan kain serat mikro fiber dan etanol pada kaca panel fotovoltaik atau dicuci dg menggunakan bahan non deterjen agar tidak merusak lapisan kaca.
  • Lakukan serangkaian tes untuk memverifikasi tegangan masing-masing panel (menganalisis apakah panel memiliki cacat produksi dan hot spot yang dapat menghasilkan pengurangan tegangan).
  • Pemeriksa sambungan listrik untuk memastikan sambungannya baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda oksidasi.

Pemeriksaan PV yg bersifat harian- mingguan

  • Periksa keberadaan debu, kotoran burung atau puing-puing lain yang ada di panel fotovoltaik. Penting ini untuk pembersihan jenis-jenis kotoran ini, karena mereka dapat secara signifikan memengaruhi tingkat pembangkitan energi.
  • Periksa keberadaan hot spot pada modul
  • Verifikasi jika ada sekrup longgar dengan mengencangkan atau apakah membutuhkan pelumas untuk tracker jika ada
  • Periksa segel penutup kotak dan entri kabel;
  • Periksa kabel-kabel yang rusak;
  • Matikan dan nyalakan inverter untuk memeriksa apakah itu restart dengan benar.

Pemeriksaan kecil untuk sistem fotovoltaik ini mungkin tampak kecil atau tidak signifikan, tetapi akan menjadi kontribusi besar untuk membantu mencegah kerusakan yang lebih serius di masa depan yang mungkin tidak dapat dipulihkan.

Merk tier 1 yg kena defect apa saja?

Kasih tahu gak ya……… hahaha di next artikel aja ya…..


WAH, sudah tahu defect-defect pada PV berserta langkah maintenance kan ya, PV tier 1 masih kemungkinan kena apalagi PV tier 2 & 3 yg langganan kena. Hahahaha

Rawatlah PV mu dg baik.
Colek pengguna pv.

Gimana sudah paham kan ya
Salamm jossss


Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy