Introduksi lead acid aki secara simpel:

Oleh mbah George frans pungga Offgrid living.

Aki basah = Flooded Lead Acid (FLA)

  1. Aki mobil = non deep cycle
  2. Deep cycle aki cocok untuk PV-offgrid

Jika baca SLI = Starting, lighting, and ignition = aki untuk start mobil, genset atau mesin lain.

Aki tertutup = Sealed Lead Acid (SLA)

  • Aki tertutup = Valve Regulated Lead Acid (VRLA) .

MF = Maintainance Free, juga aki tertutup.

Dua macem aki VRLA popular:

  1. Absorbed Glass Mat (AGM)
  2. Gel

Ada aki tertutup yang tidak deep cycle aki. Ada juga yang deep cycle aki. Deep cycle aki di rancang dengan pelat-pelat (jauh) lebih tebal dan jumlah pelat lebih sedikit. Resistansi internal deep cycle aki sedikit lebih tinggi daripada aki dengan pelat tipis.

Tubular:
Bentuk selnya adalah “tubular” dan seperti aki biasa ada yang basah ada yang tertutup. Tentu juga ada AGM tubular dan GEL tubular.

Seumumnya tubular lebih tahan “deep discharge” . Jumlah siklusnya juga tergantung “ketebelan” pelat.

Deep cycle aki vs non deep cycle:
Semua lead acid aki dengan pelat tipis resistansi internal lebih rendah dan lebih cocok untuk “high discharge” dengan durasi pendek atau untuk start motor. CCA tentu lebih tinggi daripada aki dgn pelat tebal, tidak di rancang untuk setiap hari di siklus.

Oleh karena itu deep cycle aki dgn pelat tebal lebih cocok untuk setiap hari pelan-pelan di discas dengan arus konstan dan dengan durasi lama seperti beban pada malam hari di rumah, misalnya tv, kipas, lampu-lampu maupun kulkas.

Hybrid aki:
Hybrid aki di rancang dengan pelat lebih tebal banding dengan UPS aki tetapi tidak setebal true deep cycle aki. Jika Anda baca GolfCar atau Marine Battery dan juga EV aki , ini adalah hybrid aki yang juga cocok untuk di gunakan dengan offgrid sistem tenaga surya meski jumlah siklus lebih sedikit.

Tujuan:
Jika di specs aki tertulis di desain untuk “floatuse” atau “standby use” atau “stable dan unstable mains”, dan bisa cepat di discas dengan arus tinggi, aki ini tidak begitu cocok untuk SHS offgrid dan bukan deep cycle aki. Aki ini cocok untuk backup standby power jika PLN padam. Durasi backup tidak begitu lama (UPS). UPS industrial aki kontinu di “float” menunggu pedamanan listrik dan bisa tahan sangat lama, floatLife bisa lebih dari 8 tahun.

Di specs “deep cycle aki” biasanya tertulis di desain untuk “cyclic use” dan banyak specs tulis juga tujuannya seperti Renewable Energy (RE), Solar Systems atau PV (PhotoVoltaic) dan offgrid.

Jumlah siklus ( = CycleLife) deep cycle aki @ 80% dan @ 50% DoD (jauh)lebih banyak daripada UPS aki dan aki FLA true deep cycle bisa kasih lebih banyak siklus dibandingkan dengan VRLA deep cycle.

Semoga bermanfaat,

George

Note:
Jgn lupa, semua aki tertutup harus juga di ventilasi. Walaupun tertutup gas beracun bisa keluar.

Semua lead acid aki bisa di gunakan dengan PV tetapi jumlah siklus paling penting di offgrid sistem tenaga surya. Fakta adalah (true)deep cycle aki khusus di disain untuk setiap hari di siklus dan jumlah siklus PASTI jauh lebih banyak daripada non-deep cycle aki.