halo rekan-rekan Renewable Energy yang luar biasa.

Masa Pandemi Corona memaksa kita untuk tetap tinggal dirumah, baik sekolah maupun bekerja semua meminta dikerjaan dirumah, nah karena dikerjakan dirumah tentu harus didukung dengan internet yang cukup banyak kuota tentu ini akan menjadi masalah tersendiri karena tentu cost untuk membeli paketan internet kita akan bertambah banyak. Pada masa sekarang tentu kita tidak asing dengan istilah RT/RW Net. Hal ini merupakan bisnis yang cukup diminati untuk memberikan layanan akses internet kepada masyarakat. Dengan biaya yang cukup terjangkau masyarakat bisa mendapatkan akses internet dengan koneksi yang stabil dan bandwith yang besar dibanding harus menggunakan modem yang memakai sistem quota. RT RWnet menjadi bisnis potensial untuk saat ini, bayangkan dengan biaya cukup 150rb perbulan kita sudah bisa akses internet sepuasnya. jika kita punya 200 klien, potensi dapat 30jutaan bisa masuk ke kantong kita setiap bulan, asyik tidak..?

Sejarah singkat RT/RW-net

Istilah RT/RW-net pertama kali digunakan sekitar tahun 1996-an oleh para mahasiswa di Universitas Muhammadyah Malang (UMM), seperti Nasar, Muji yang menyambungkan kos-kos-an mereka ke kampus UMM yang tersambung ke jaringan AI3 Indonesia melalui GlobalNet di Malang dengan gateway Internet di ITB. Sambungan antara RT/RW-net di kos-kosan ke UMM dilakukan menggunakan walkie talkie di VHF band 2 meter pada kecepatan 1200bps. Kemudian para mahasiswa Malang ini menamakan jaringan mereka sebagai RT/RW-net karena memang di sambungkan ke beberapa rumah di sekitar kos-kosan mereka.

menarik bukan lalu apa saja yang dibutuhkan jika disuplay panel surya, berapa biayanya, berapa potensi mendapat pundi-pundi dolar masuk ke dompet kita ?

mari kita ulas bersama disini :

apa saja yang diperlukan untuk membangun RT/RW net ?

Tujuan kegiatan internet Rt RwNet apa ?

Keberadaan Rt rw net ini tentu memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat luas. Tujuan yang dapat diperoleh diantaranya:

  • Ikut membangun komunitas yang sadar akan pentingnya teknologi informasi dan komunikasi di berbagai daerah.
  • Saling berbagi informasi yang berguna bagi masyarakat lain yang ada di lingkungan sekitar.
  • Ikut serta dalam membangun dan mengembangkan internet murah di lingkungan tersebut
  • Sebagai media untuk saling tolong-menolong antar anggota masyarakat.
  • Sebagai media promosi kepada masyarakat sekitar.
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan manfaat sebuah layanan internet.

Tentunya dengan memakai jaringan Rt rw net, masyarakat tidak hanya dapat bertukar informasi tapi juga melakukan banyak hal lainnya secara online. Contohnya saja seperti membantu anggota rt rw lainnya yang membutuhkan, menjadi rekan bisnis, mengembangkan bisnis internet lainnya seperti online shop, beli tiket hotel atau pesawat, membayar berbagai tagihan (kendaraan bermotor, telepon, listrik dll), dan lainnya.

101428876_2085455021601286_2233105925579735040_oManfaat Rt RwNet itu bagaimana ?

Keberadaan bisnis Rt rw net tentu sangat membantu masyarakat banyak. Karena kebutuhan informasi dan komunikasi teranyar dapat dilakukan lebih baik dari sebelumnya. Namun, terdapat beberapa manfaat lainnya dari kegiatan ini, yaitu:

  • Menghemat pengeluaran untuk internet. Rt rw net pastinya memiliki operator yang bertugas untuk menjaga jaringan internet ini selalu lancar dan aktif setiap harinya. Pihak operator ini kemudian yang berurusan dengan provider internet. Kemudian operator akan memberikan jasa internet kepada masyarakat sekitarnya dengan harga yang terjangkau. karena dengan biaya Rp 150.000 –Rp 300.000 masyarakat dapat menikmati jaringan internet dengan kualitas yang baik.
  • Jaringan internet lebih stabil. Kualitas jaringan dan kecepatan internet dengan memakai sistem Rt rw net tentunya lebih cepat dan stabil. Karena perangkat dan alat yang digunakan lebih baik dan canggih.
  • Mampu Menjangkau Wilayah yang Luas. Manfaat lainnya dari jaringn Rt rw net adalah jangkauan jaringannya yang cukup luas. Namun, jarak jangkauan tersebut bergantung kepada kebutuhan dan alat yang digunakan. Jadi, jika semakin banyak masyarakat yang memakainya maka peralatan yang digunakan harus lebih canggih lagi.
  • Aktif 24 jam. Jaringan Rt rw net harus aktif sepanjang hari agar masyarakat dapat menggunakannya ketika dibutuhkan bahkan dalam keadaan terdesak sekalipun. Karenanya, dibutuhkan operator khusus yang menjaga kualitas internet ini setiap harinya.

Kelebihan Jaringan Rt Rw Net apa ?

Jaringan Rt rw net tentu memiliki beberapa kelebihan yang sangat berguna bagi para penggunanya, seperti:

  1. Semakin mudahnya akses internet dengan menggunakan laptop ataupun smartphone kapanpun diinginkan.
  2. Penggunaan internet untuk laptop menjadi lebih mudah dan sederhana karena tidak memakai kabel.
  3. Dapat dipakai bersamaan untuk beberapa gadget sekaligus.

unnamedPerangkat RT/RW NET apa saja ?

Untuk membuka usaha ini ada sejumlah syarat mutlak (wajib untuk dipenuhi) yaitu:

  1. Anda sudah berlangganan internet pada salah satu provider internet (ISP)
  2. Memiliki perangkat untuk meluaskan jaringan (baik secara wireless maupun tidak)

Perangkat yang butuhkan antara lain:

  1. Perangkat MikroTik dengan spesifikasi yang mendukung penggunaan user manager dan mampu me-manage jumlah pengguna. Router Utama dan Bandwidth Management. Dua peralatan ini sangat dibutuhkan karena berfungsi sebagai router utama yang berguna untuk memancarkan jaringan ke banyak tempat. Selain itu bandwidth management juga berfungsi untuk mengatur bandwidth yang digunakan. Tentu semakin besar bandwidth yang dibutuhkan maka harga peralatannya akan lebih mahal. Namun, peralatan satu ini dapat diganti ketika membutuhkan bandwidth lebih besar dikemudian hari.
  2. Tiang antena tower  ; Peralatan ini berfungsi untuk memperluas cakupan jaringan sehingga mampu menjangkau area yang diinginkan.
  3. Access Point : Peralatan ini berguna jika ingin membuat jaringan wireless. Sebagai access point tentu diharapkan memiliki lebih dari 1 WLAN atau yang dikenal dengan interface ethernet. Selain itu, bagian pemancar juga harus diperhatikan karena terdapat berbagai tipe pada bagian antena-nya. Tipe antena yang ada adalah sectoral, outdoor dan flat panel. Pemilihan tipe ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan seperti luas cakupan yang diharapkan, bukaan antena tersebut, frekuensi yang dipakai serta metode topologi yang diinginkan (point to point atau point to multipoint). Tentu untuk jaringan Rt rw net akan memakai topologi point to multipoint agar dapat digunakan oleh banyak pengguna, selain antena yang dipakai lebih baik sectoral karena antena ini memiliki fungsi arah sehingga arah pancaran antena dapat diatur dengan mudah.
  4. Kabel jaringan
  5. Anti petir (optional)
  6. UPS. Merupakan power suppy sekaligus stabilizer dan penyimpan daya. Jadi, UPS ini dapat mengatur arus yang masuk agar selalu stabil sekaligus menjadi sumber energi cadangan ketika terjadi pemadaman listrik. maka dalam UPS disini akan kita ganti dengan panel surya agar listrik gratis selama 24jam anti mati lampu.

Tidak semua tipe MikroTik mendukung usaha ini oleh sebab itu sebelum membeli perangkat MikroTik anda harus perhatikan tipe MikroTik yang sesuai dengan kebutuhan misalnya:

  1. Membeli tipe MikoTik yang bisa memanage jumlah pelanggan yang akan menggunakan layanan RT RW Net (misal: 10 – 50 pelanggan (user) dst)
  2. Membeli MikroTik yang support besar kecepatan internet yang anda pakai
  3. Membeli tiang antena dengan tinggi yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah anda
  4. Membeli akses point yang sesuai dengan target peluasan jaringan
  5. Membeli anti petir (optional)

11fce5238aca3e48ac99693adeacb8a6_tn

Bagaimana memilih produk RT Rwnet yang tepat ?

Pemilihan Produk

Sebelum melakukan pemilihan spesifikasi produk yang dibutuhkan dan sesuai, terlebih dahulu kita harus menyesuaikan dengan total bandwitdh yang akan didistribusikan dan berapa jumlah klien. Sebagai gambaran untuk kebutuhan RT/RW NET secara umum adalah sebagai berikut:

Pertama, untuk main router dan bandwidth management, Kita bisa menggunakan Mikrotik Routerboard RB1100AHX2. Untuk kebutuhan handle bandwidth diatas 1Gb kita bisa menggunakan MikroBits series atau CCR Series.

Kedua, jika kita ingin menyalurkan bandwidth yang kita miliki menggunakan wireless, bisa menggunakan perangkat WORB433, WORB433AH, atau WORB800 sebagai access point, yang mana produk tersebut memiliki lebih dari 1 interface ethernet dan WLAN. Untuk Antenna pada sisi pemancar bisa menggunakan tipe omni outdoor, sectoral, flat panel, yang mana harus juga dipertimbangkan jumlah dan jenis antenna, yang disesuaikan dengan luas cakupan layanan yang diinginkan, frekuensi yang digunakan, dan juga arah bukaan antenna yang dibutuhkan, metode yang akan digunakan PTP (point to point) atau PTMP (point to multipoint). Dalam hal ini, antenna sectoral lebih direkomendasikan dimana jenis antenna ini biasanya memiliki tilt untuk menentukan arah pancaran antenna.

Ketiga, untuk perangkat di sisi client dengan jarak kurang dari 2KM, bisa menggunakan SXT Series atau Groove Series. Produk SXT Series tidak memerlukan tambahan antena karena produk ini merupakan produk Embedded yang sudah include antenna didalamnya. Pada produk ini terdapat dua pilihan dengan jenis frequensi yang berbeda yaitu 2.4Ghz dan 5 Ghz.

Kemudian untuk produk Groove, jika memilih Groove A 52HPn pada saat pembelian sudah include antenna. Namun perlu diketahui antenna tersebut merupakan antenna jenis Omni yang digunakan pada indoor. Kita bisa menggunakan patch panel atau antenna grid sesuai dengan frekuensi yang digunakan.

Keempat, untuk perangkat di sisi client, dengan jarak +- 5KM, dianjurkan minimal menggunakan WO411-A1. Kemudian untuk antennanya kita bisa menggunakan patch panel atau antenna grid sesuai dengan frekuensi yang kita gunakan.

Jika client akan langsung terkoneksi menggunakan laptop/gadget, perlu diketahui laptop/gadget memiliki tx-power yang kecil, sinyal yang diterima oleh laptop bisa saja besar, akan tetapi tetapi Laptop/gadget tidak memiliki power yang cukup untuk mengirim data ke AP sehingga koneksi tidak optimal. Hal ini dikarenakan komunikasi wireless adalah komunikasi dua arah.

Dengan kondisi  AP dan laptop/gadget terhubung LOS secara visual (tidak terhalang sesuatu/pohon/dinding dsb) kemungkinan pada jarak -+ 50 sampai 100M masih bisa.

Saran pemilihan perangkat di atas berdasarkan kondisi ideal, termasuk dan tidak terbatas pada line of sight, fresnel zone yang memadai, tidak ada inteferensi, dan pemasangan perangkat yang sesuai standart.

jadi apa saja yang kita butuhkan untuk membuat RT RWnet satu RT – RW dengan jumlah user 60 – 200klien ?

kita sudah diskusi dengan beberapa pengguna owner RT RWnet dirincikan sebagai berikut beserta biayanya.

Mikrotik gr3 = 900rban
3 sektoral ubnt 5.8 = 5jtan
3 radio / AP basebox 5 =4jt
Kabel dan perangkat lainnya = 1jt

Akses Point Bullet M2HP, dengan adaptor dan PoE, kisaran harga Rp. 1.000.000,-
Antena Omni Hyperlink, harga kisaran Rp. 1.200.000,-
Kabel UTP kualitas standart, kisaran harga Rp. 3500/meter x 15 meter = Rp.52.500,-
Konektor RJ-45 @ 2.500/buah x 4 = Rp. 10.000,-
Tiang antena Pipa Galvanis ukuran 1 Inch dan 1.25 Inch + pemasangan Rp. 400.000,-
—————

jadi siapkan dana 20jutan kita sudah siap untuk gass RT Rwnet dilingkungan kita, murah kan..
atau rincian biaya untuk 60 user system point to point bisa download disini Rincian biaya RT/RwNet

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk dihandle dengan panel surya RT RWnet diatas ?

ayo kita hitung kebutuhan energy yang dibutuhkan untuk 24jam dihandle dengan panel surya.

total daya yang dibutuhkan +- 100watt untuk 24 jam.
maka Energy yang dibutuhkan 24 x 100 w = 2400 Wh atau 2.4 Kwh perday.

maka investasi Panel surya yang kita butuhkan

jika menggunakan 4Penyinaran perday maka :

2400 / 4 = 600wp
jika kita kalikan 1.5x Faktor safety otonomi maka 600 x 1.5 = 900 Wp

untuk Battery yang dibutuhkan  jika menggunakan 12V battery

2400 / 12 = 200Ah

jika kita kalikan 1.5x Faktor safety otonomi maka 200 x 1.5 = 300 Ah

Berapa nilai investasi dari panel surya untuk RT RwNet diiatas ?

panel surya 600 wp investasinya  = 700 x 6 = 4.2jt
Battery 200Ah investasinya =  2.3jta
mppt 40A = 1.55jt
kabel 10M tinned cooper = 250rb

Berapa potensi penghasilan perbulan dari bisnis RT/RwNet ?

jika hanya cukup menghandel satu RT dengan 60 user maka

150ribu perbulan x 60 = 9.000.000 juta perbulan
untuk 100 user bisa 15jutaan
untuk 200 user bisa 30jutaan

yang bisa kita terima perbulan, ini masih penghasilan bruto, jika dipotong 30% dari bayar provider tetap penghasilan kita tetap tinggi. mantap kan.

Kekurangan Jaringan Rt Rw Net apa ?

Selain kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan ketika memakai jaringan Rt rw net tersebut, yaitu:

  1. Jaringan ini rentan terhadap flooding ketika dipakai secara bersamaan pada waktu yang sama. Hal ini dapat dihindari jika operator menggunakan sistem keamanan jaringan yang bagus dan terpercaya.
  2. Jaringan ini didesain agar dapat dipakai bersama-sama oleh masyarakat setempat. Namun, jaringan ini cukup rentan terhadap serangan hacker jadi keamanan password ataupun informasi pribadi lainnya pada gadget yang dimiliki dapat mudah dicuri orang jahat. Karenanya, setiap pengguna Rt Rw Net harus memakai software keamanan yang mutakhir untuk mencegah hal tersebut.
  3. Karena jenis bisnis ini belum memiliki aturan resminya menurut UU yang berlaku. Namun jika mengacu pada UU No. 36 tahun 1999 menyatakan bahwa penyelenggara telekomunikasi merupakan badan usaha yang terdaftar dan diakui oleh pemerintah. Sedangkan bentuk usaha dari Rt Rw Net ini masih belum dapat dipastikan. maka saat merancang bisnis RT-RW net pastikan dulu Harus memiliki badan usaha dan hukum karena melakukan kegiatan bisnis dan menarik pembayaran dari masyarakat.
  4. Layanan yang diterima dari provider internet tidak seharusnya dijual kembali. hal ini yang membuat banyak provider tententu memblokir Rt-Rwnet kita jika kita ketahuan gunakan untuk jual beli ke warga.
  5. Pengawasan dan penindakan cyber crime sulit dilakukan jika pelaku memakai Rt Rw net. Walaupun demikian, pemerintah tetap mengusahakan yang terbaik agar sistem jaringan ini dapat bertahan karena perannya sangat penting untuk kepentingan nasional. Beberapa tahun lalu pemerintah berusaha mengatur aspek legalitasnya melalui pemakaian peralatan komunikasi dan spektrum frekuensi radio.

bagaimana tertarik untuk membuat bisnis RT Rwnet dengan omset jutaan bahkan puluhan juta sebulan.. ?

jossss gandosss


 

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy

disarikan dari berbagai sumber. microtic.id