LIFEPO4 EX TELEKOM JELEK.

Obrolan serius antara Mr. Hendra Napoleon dengan Mr. Frans Alexandria tentang aki Lifepo4 ex telekom.

Prolog terjadi perbincangan hangat berjilid-jilid antara tokoh diatas, tentang battery lifepo4 dumping ex telekom yg dicurigai kualitasnya jelek oleh mr. Frans alexandria. Sehingga lifepo4 banyak beredar dikalangan pengguna komunitas panel surya di Indonesia.

Mr. Frans : hello hendra, gimana kabar aki lifepo4 bekasmu?? Sudah ganti berapa kali??

Hendra : baik mister, masih performance bagus untuk 15tahun kedepan kok, tenang aman terkendali

Mr. Frans : ohya, bangun dari tidurmu, Aki atau baterai BEKAS seperti kondom bekas menurut expert luar. Sistem-system hebat disini tapi kalo liat ke bawah lebih banyak aki BEKAS, untuk crititical loads pula 😣😣 sangat disayangkan. Menyedihkan sekali.

Hendra : gpp mister, satu hal yg penting adalah denganta bisa menerangi rumah kami,mengurangi tagihan bulanan, mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat penggunaan Renewable energy, juga upaya menyelamatkan lingkungan. Menekan laju carbon yg membahayakan saat ini.

Mr. Frans: ketahuilah Anda beli aki untuk apa? :

  1. backup power ( = float service)
    atau untuk
  2. sering atau setiap hari di kuras (cyclic service = offgrid)

Sistem apapun anda gunakan dengan battery, BATTERY PALING PENTING, tidak scc , inverter dll. battery paling penting. Ku masih heran kenapa banyak pilih battery bekas. Sudah pernah posting tentang alesan “murah” , beli lah aki mobil bekas = paling murah. Harusnya itu. Aki truck saja harusnya…

Hendra : terimakasih sarannya mister, kami tidak memilih aki bekas truck, kenapa harus memilih aki bekas truck yg performance tidak bisa diandalkan, jika sama-sama bekas kok malah nyarain bekas truck dibandingkan lithium meskipun bekas pakai juga.

Mr. Frans : Ku gak usah pikir berat dan lama. Ku PASTI lah,tak akan beli ex-telekom lead acid maupun Lifepo4 yg telah di dumping oleh telecom companies, karena:

  1. Gak cocok untuk offgrid

2. Virtually nothing left lah

Hendra : kami hargai pendapat mister, tapi kalau menyarankan sama-sama bekas kenapa harus bekas aki truck, toh performance lebih baik dibandingkan lifepo4 yg kami pakai sekarang?

Mr. Frans : apa buktinya lifepo4 mu lebih baik dibandingkan aki bekas truck yg sudah direkomendasikan para ahli diluar??

Hendra : begini mister, sambil nyeruput kopi, lifepo4 kebanyakan keluaran tahun muda, jadi secara logika performance dan cycle use masih bagus.

Mr. Frans : mana mungkin?? Nyatanya tahun muda sudah di dumping telekom, itu tanda battery yg kurang bagus sehingga dibuang dan ditinggalkan. Paham..!!!

Hendra : sambil makan gedang goreng, berucap mantap nih gedang gorengnya, eh.. Begini mister, kebanyakan yg kami beli tahun muda dan kami juga ada yg dikasih software monitoring bmsnya sehingga kami tahu cycle use pada battery dan kapasitas real yg terpakai, bayangkan kebanyakan lifepo4 baru terpakai dibawah 100cycle dengan kapasitas diatas 95% apa tidak namanya janda rasa perawan ini, mulus bening dan kinyis-kinyis mister

Mr. Frans: kenapa sudah di dummy telekom?? Katanya bagus??? Bulshit kamu.. !!!

Hendra ; owalah itu gampang mister, bukan berarti battery ini rusak atau jelek, tapi karena system preventif maintenance yg perusahaan telkom lakukan per 6-bulan sekali, jika PO battery baru sudah turun battery lifepo4 yg dipasang sebulanpun harus diganti battery baru yg sudah datang, begitu dilakukan pergantian dilapangan, battery itu harus dikeluarkan dg label Replace dan sampailah ke tangan anggota komunitas semua. Begitu ceritanya.

Mr. Frans: ohya, harusnya Pedagang aki lead acid maupun lithium lifepo4 bekas. Kasih lah info ref DC-Ri di iklan2 nya dan jangan tunjukin hasil tes dgn alat amatiran tester aki MOBIL yg tak ada arti. Juga pedagang2 mercon2 yg ukur kapasitas dgn liitokalla yg tak dapat di andalkan, ukur juga lah DC-Ri. Dc-Ri penting.
Contoh 100Ah aki bekas:
Anda kasih beban C/4 = 25A dan liat drop voltase sampai voltase stabil, +/- 10 detik.
Misalnya,
OCV = 12.6v dan drop ke 12.2v dgn 25A beban = 3.17% drop. Untuk kepastian, ulangi 2x. Diatas 3% drop skip saja.
Drop voltase ideal <= 2% max 3%.
Kalau lithium pake saja beban 0.5C
Ri = (voltage1 – voltase2) / (amp2 – amp1)

Kalau menunjukan ini baru battery nya benar dan bisa digunakan..!!!

Hendra : terimakasih mister atas sarannya, bukannya kami tak tahu soal itu, dengan metode pake dropvoltage dengan kasih beban dan lihat voltmeter dengan waktu 10-15 detik, Cuma ingin simple dengan bantuan alat ukur battery tester saja sudah cukup toh hasilnya bisa dikatakan hampir sama, apalagi kita mendapatkan laporan dari cycle battery serta kapasitas real dari software nya lebih baik lagi mister, agar battery bisa segera digunakan, dan juga biasanya para pedagang juga memberikan garansi 3-6bulan pemakaian, jadi jikalau terjadi kendala selama itu maka bisa kita tuker kembalikan untuk diganti yg lebih baik. Begitu mister…!!!

Mr. Frans : oh ya, battery bekas bergaransi???
Hendra : iya mister, baru tahu ya??
Mr. Frans : kenapa tidak beli battery baru saja?
Hendra : boleh-boleh saja beli baru mister, namun kalau mister tahu, battery dengan merk ZTE, Huawei dan kawannya itu harga baru untuk 48v 100Ah 4.8kwh seharga Vario satu mister 25jtann, mister mau beli…
Mr. Frans : semahal itu?? Kah..!!!!

Hendra : betul mister, maka pemanfaatan battery lifepo4 ex Telkom menjadi salah satu alternatif pilihan solusi re-use barang yang tidak terpakai. Untuk bisa dimaximalkan potensi kebaikan nya.

Btw mister, uda berapa lama bermain plts offgrid?

Mr. Frans : setidaknya hampir 7tahun ?
Hendra : sudah pernah menggunakan battery lifepo4 telkom mister?
Mr. Frans : ku tak harus terkena cancer, baru bisa bicara tentang cancer, you know..!!!
Hendra : baiklah, emmm selama 7tahun sudah ganti battery berapa kali mister..??

Mr. Frans : berkali-kali….

Hendra : panteslahh… Wkwkwkwkwkwkwk
Aku juga tak akan bisa menjelaskan nikmatnya gedang goreng, kepada orang yg tak pernah makan gedang goreng mister,…!!!
Mr. Frans : bye, good night…!!!

Hendra : salam gedang goreng mister…!!!

Obrolan selesai..
Begitu saja, obrolan kali ini tentang battery ex lifepo4 telkom yg menjadi pilihan para anggota komunitas panel surya di Indonesia, pemanfaatan battery lithium bekas menjadi begitu menarik disisi harganya murah, performance masih bagus, lifecycle masih rendah jadi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk belasan tahun kedepan.

Josss gandossss

Colek Ade Yuswantoro Djoe Amura Mdjms Alex Aryanto Reevay Riki Widianto Muhamad Sidiq Nur Harjanto Chandra Hermawan Hendri Ir Rony Tua Siallagan Deddy Ardhie Nugraha Slamet Sutrisna Suyitno Ledeng Eko Setiaji Giyanto Ica Solar Frans T L Nanang Fitrianto Floniana Mahmudi Maz Gorro Hariri Adhi Rizali Jumari Januar Roe Khann Too Lutfi Chaerul Moch Misbakhussudur Anas Basori Alwi Murtadho Bagus Fatkhurrozi R Benoa Wijaya Alby Athaya Putra Pratama Ediksuyanto Suyanto On Oy