hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energi yang luar biasa

setelah kemaren kita membahas tentang teknologi PERC pada panel surya maka sekarang kita akan mengupas tentang teknologi lain pada panel surya yang kita sebut “half cut cell”

apakah kalian tahu tentang teknologi ini, apa kelebihanya, apa kekurangannya, siapa produsen yang sudah memproduksi panel ini ?

mari kita simak bersama disini….

Apa itu half cut cell panel surya ?

Sama seperti sel surya dengan teknologi PERC  yang mampu memberikan peningkatan sedikit lebih banyak efisiensi pada panel surya. Dengan teknologi half-cut cell dalam panel surya ternyata juga dapat membantu meningkatkan output daya sistem panel surya. Sel surya half-cut cell persis seperti halnya panel surya biasa bedanya telah dipotong menjadi dua menggunakan pemotong laser.

Teknologi half-cut cell memberikan beberapa manfaat dibandingkan sel surya tradisional. paling penting, half-cut cell menawarkan peningkatan kinerja dan daya tahan. half-cut cell dengan kinerja baik dapat meningkatkan efisiensi panel dengan beberapa poin persentase. di samping jumlah produksi yang lebih baik, half-cut cell lebih tahan lama secara fisik daripada panel surya biasa; karena ukurannya lebih kecil, lebih tahan terhadap retak/crack. Karena keunggulan ini, panel surya yang dibangun dengan half-cut cell memiliki potensi mampu memberikan periode  investement lebih cepat bagi pemilik yang memasang sistem energi surya.gimana mantap bukan  ?

Apa yang di improve pada panel surya half cut cell ?

Setidaknya ada 2 improve pada panel surya half cut cell

  1. Mengurangi kerugian resistif

Salah satu sumber kehilangan daya ketika sel surya mengubah sinar matahari menjadi listrik adalah kerugian resistif, atau daya yang hilang selama transportasi arus listrik. Sel surya mengangkut arus menggunakan pita logam tipis yang melintasi permukaannya lalu menghubungkannya dengan kabel serta sel di sekitarnya,saat menggerakkan arus melalui pita ini menyebabkan sebagian energi hilang. Dengan memotong sel surya menjadi dua, arus yang dihasilkan dari masing-masing sel dibelah dua, dan arus yang mengalir lebih rendah menyebabkan kerugian resistif menjadi lebih rendah ketika listrik bergerak di seluruh sel serta kabel di panel surya.

  1. Toleransi terhadap shading yang lebih tinggi

Half Cut Cell lebih tahan terhadap efek shading dibandingkan sel surya tradisional. Ini bukan disebabkan oleh sel-sel yang dipotong menjadi dua, melainkan hasil dari metode pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan sel-sel dalam sebuah panel. Dalam panel surya tradisional yang dibangun dengan sel-sel penuh, sel-sel tersebut disatukan dalam baris rangkaian kabel. Dalam skema rangkaian kabel jika satu sel berturut-turut diarsir shading akan tidak menghasilkan energi, seluruh baris sel akan berhenti menghasilkan daya. Panel standar biasanya memiliki 3 baris sel terpisah yang disatukan, jadi bayangan pada satu sel dari satu baris akan menghilangkan sepertiga dari produksi daya panel itu. Paham, ya..

Half cut cell juga dihubungkan secara seri, tetapi karena panel yang dibuat dengan sel setengah potong memiliki dua kali lipat jumlah sel (120 bukan 60), berarti dua kali lipat jumlah baris sel yang terpisah. Jenis pengkabelan ini memungkinkan panel yang dibangun dengan half cut cell akan kehilangan daya lebih sedikit ketika sel tunggal shading karena sel tunggal yang shade dapat menghilangkan keenam dari total daya panel.jelas ya,,,

Siapa saja produsen yang sudah membuat Half cutt cell ?

Panel surya Half cut cell pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 oleh REC Solar, dan sejak itu mereka telah mentransfer sebagian besar pembuatan modul mereka untuk dilengkapi half cut cell. Selain dari REC, banyak produsen telah memperkenalkan produk ini juga. Trina Solar, Hanwha Q CELLS, JinkoSolar, dan LONGi Solar

Dapatkah produsen biasa menerapkan half cut cell pada produk panel suryanya ?

Produksi half cut cell tidak jauh berbeda dari garis sel surya tradisional, setiap produsen panel yang ingin mulai membuat ini tidak perlu merombak pabrik atau proses produksi sepenuhnya. Ada dua langkah tambahan yang dibutuhkan saat membuat half cut cell: langkah memotong sel dan langkah merangkai.

1.Pemotongan sel dilakukan dengan laser melibatkan pemisahan sel surya standar menjadi dua bagian. Sel surya bisa sangat rapuh, maka dengan pemotongan laser memungkinkan untuk memotong garis yang tepat menjadi sel surya.

2.Proses merangkai.Merangkai adalah proses penempatan strip konduktif, yang dikenal sebagai busbar, pada setiap sel yang dipotong setengahnya. Karena ukuran sel setengah-potong yang lebih kecil, busbar yang digunakan lebih kecil serta membutuhkan peralatan khusus untuk menempatkannya secara akurat.

 

sudahkah produk ini sampai di indonesia ?

dalam kenyataan yang kita lihat produk ini sudah sampe di indonesia, banyak improtir yang memasukkan ke indonesia seperti merk JA solar, trina Solar dan lainnya

berapa harganya kira-kira ?

harganya tidak beda jauh dengan panel biasa, sebagai contoh berikut ;

harga Panel Surya JA Solar
380 Wp – Rp 2.500.000, effisiensi 19.6%
405 Wp – Rp 2.700.000, effisiensi 20.2%
440 Wp – Rp 2.900.000, effisiensi 20.3%

dengan Spesifikasi berikut :
Spesifikasi:
Power peak : 380Wp
No. of cells: 72 (6×12)
Weight: 22 kg
Voc : 48,71 V
Isc : 10,05 A
Vmpp : 40,03 V
Impp : 9,50 A
Effisiensi : 19,6%
Dimensi : 1960 x 991 x 40mm
Tipe Sel : MonoCrystalline
Junction Box : IP67, 3 diodes
Connector: MC4 Compatible (1000 V) , QC 4.10-35(1500 V)
Certificates: IEC 61215, IEC 61730 , UL 1703, IEC TS 62804, IEC 61701, IEC 62716, IEC 60068-2-68, ISO 9001: 2015 ,ISO 14001:2015, OHSAS 18001:2007, IEC TS 62941:2016

Apa kekurangan half cut cell ?

kekuranganya sejauh ini hanya diproduksi PV dengan watt besar seperti diatas > 300, 310wp, 315, 325, 330, 415 dan seterusnya. tidak tersedia untuk entri level 100wp-an. itu saja.

kekurangan dalam segi teknikal yg lain akan kita update jika kita temukan.

berminat memiliki panel dengan teknologi half cut cell yang memiliki keuntungan lebih menghasilkan daya lebih banyak daripada panel surya standar segeralah menabung…..lalu segera pinang heheheh

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy