Tulisan komentar panjaaaaaang banget. Sepanjang string seri HVDC on-grid. Indonesia tdk layak on grid. Listrik masih ada/sering mati malah kadang tanpa pemberitahuan. 3 tahun di Malaysia listrik hanya mati 1x. 3 bulan saya di Belanda ga pernah mati lampu. Dst…. On grid mati jika PLN mati. On Grid hanya ringankan beban puncak PLN. Beban puncak PLN siang ada di kota, dan kawasan industri.

Menurut saya PLTS kebakar ada 2 kemungkinan

  1. Daya terpasang cukup besar. Arus tinggi HVDC lagi. Short Circuit tdk terproteksi oleh Inverter on grid. Atau sebab lain perlu pemeriksaan lebih lanjut.
  2. Karena ada api 🔥

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna (user), konsultan perencana, kontraktor pemasangan, dan penyedia barang (pabrik dan wholesale distributor) mengenai resiko bahaya sistem panel surya, yaitu:

Risk #1: Faulty Manufacturing
Kegagalan produk akibat kesalahan dalam proses produksi sangat jarang terjadi. Dikarenakan setiap produsen akan melakukan cek terhadap kualitas (QC – Quality Check), sebelum produk tersebut dilempar ke pasaran. Namun kesalahan tetap bisa terjadi.

Risk #2: System design and installation error
Desain sistem dan instalasi sistem panel surya, terbilang cukup mudah (hingga level tertentu). Namun sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan konsultan dan kontraktor yang memang sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini. Proses desain ini, memang terlihat mudah. Namun jika terjadi kesalahan, walaupun kecil, akibat yang ditimbulkan sangat besar, rumah terbakar hingga kehilangan jiwa dapat terjadi.

Risk #3: Aging and degraded connectors
Menggunakan produk dengan biaya murah, tentu dapat menghemat banyak biaya. Namun yang perlu anda ingat, sistem panel surya tidak terpasang hanya untuk 1 atau 2 tahun saja. Umur sistem dapat mencapai 25 tahun, hingga lebih. Sehingga, pastikan komponen produk pendukung yang terpasang, juga memiliki kualitas yang baik untuk dapat bertahan sesuai dengan umur panel surya.

Risk #4: Electrical hazards
Pengaman sangat penting dalam sistem panel surya. Karena pengaman ini, akan memberikan jaminan untuk mengurangi resiko setrum, korsleting dan sebagai alat pencegahan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi, jika anda ingin memahami dan memasang sistem panel surya secara aman.

baca artikel menarik dan menginspirasi lainnya :

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

krisis air bersih, PLTS solusinya, mantap baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
lebih Jos mana Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Perbandingan Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini
Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini
Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini
paduan untuk pemula panel surya system ongrid baca disini


SOLAR ENERGY POWER.

Authorized Distributor Panel surya ICA Solar, Maysun Solar, Kenika, Mysolar, JA solar, kabel PV1F, Kabel VW-1 Inverter Puresine, hybrid inverter, Ongrid Inverter, Offgrid inverter, Solar controller Mppt, PWM, Solar home system, Battery VRLA, lifepo4, lithium18650, LTO, Opzv, Mcb DC, YBranch, MC4, Mounting system, Kapasitor, balancer, desulfator, capasitor, SPD, Arester, VPD, Fuse, Box panel, Mc4, lampu DC, lampu PJU, pompa DC sumersible dan lain-lain

ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun, inverter bergaransi up-to 5 tahun kunjungi https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi kunjungi http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

WhatsApp Business : wa.me/6285711256257
Telegram : https://t.me/Temonsujadi
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi
Shopee : shopee.co.id/temonsujadi
Tokopedia : http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

Website ;
https://temonsoejadi.id
https://icasolar.com

Ketik “Solar Energy Power” dimaps
Perum Grand Residence Prapanca 2 BB 9/6 RT 02/14 Cijengkol setu-bekasi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy