PENANGKAL/PENERUS PETIR PERLUKAH DIPASANG ?

Apakah system panel surya perlu Penerus Petir ??

Kita pernah membahas tentang surge protektor, yg mampu meneruskan tegangan surge akibat sambaran petir tidak langsung yg ternyata membahayakan seperangkat alat solar home system kita. Apakah SPD itu cukup? Jika didaerah kita rawan terkena sambaran petir ??

Well, masalah panel surya terkena petir bukan hal yg aneh mengingat posisi panel surya diatas genteng yg berpotensi sekali terkena sambaran petir.
Jadi untuk daerah yg rawan terkena sambaran petir maka memasang grounding instalasi penerus petir adalah keputusan yg sangat tepat dan bijak. Jadi jika daerahmu rawan ya harus segera pasang, apalagi jika bangunan gedungmu lebih tinggi dari gedung-gedung sekitarnya ..

Berikut kita sedikit jabarkan tentang instalasi grounding penerus petir :

System Instalasi Penerus Petir.

Sistem Grounding atau yang biasa disebut dengan penangkal petir istilah orang awam, atau penerus petir, biasa digunakan di berbagai bangunan baik rumah maupun perkantoran yang digunakan untuk mengalihkan aliran listrik dari petir menuju ke tanah.

Berikut adalah bagian-bagian dari sistem Grounding, penangkal petir

1. Splitzen (Batang Penangkal petir), sebuah alat berbentuk tiang yang menyerap aliran listrik dari petir yang menyambar.

2. Konduktor (sistem pengkabelan), kabel yang digunakan sebagai penghantar aliran listrik dari Splitzer menuju ke tanah (pembumian). Untuk kabel yang jauh dari jangkauan biasanya menggunakan kabel BC, sedangkan yang dekat dengan jangkauan biasa menggunakan kabel BCC dan NYY seperti Federal kabel atau Supreme Kabel

3. Terminal, sebuah sistem bawah tanah yang bertugas meneruskan hantaran listrik ke dalam tanah. Biasanya berupa pipa tembaga yang berdiameter setengah inch dan memiliki panjang 3 sampai 4 meter.

Seperti yang terlihat pada penjelasan gambar dibawah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi kerja dari Grounding system adalah:

A. membawa muatan listrik petir langsung menuju kedalam tanah .
B. mengurangi kerusakan sistem pada perangkat elektronik rumah, karena adanya penyeimbang arus yang sudah di integrasikan ke grounding system.

Hemmmm gimana sudah paham ya… !!!
Jadi instalasi penerus petir bisa jadi solusi untuk mengurangi dampak terkena sambaran petir langsung yang dapat berakibat pada rusaknya panel suryamu, berserta seperangkat device yg kamu gunakan ditambah lagi Elektronik rumah…ngeriii……ngeri…

Daerah mu rawan terkena sambaran petir, segeralah pasang penerus petir… Ya demi kebaikan bersama…

Eh penangkal petir atau penerus petir ? Hehehe
Wis ojo pikir jeru mundak sampeyan ngelu..
Ngopi riyen yukkk..

Salam jossssssss….

Colek George Frans Djoe Amura Mdjms Slamet Sutrisna Suyitno Ledeng Chandra Hermawan