Apa itu snail track, kenapa bisa terjadi cacat pada PV.

hello rekan-rekan pegiat Renewable energy yang luar biasa.

Kemaren ada teman yg posting digrup tentang snail track bahkan terjadi pada PV merk cukup terkenal, kenapa bisa terjadi snail track ???

Snail track adalah tanda yang menyerupai jalur siput di atas permukaan sel fotovoltaik pada suatu modul Fotovoltaik. Snail track pada panel. Dalam jangka panjang, snail track akan menyebabkan microcrack (keretakan micro) pada sel fotovoltaik serta menjadi hotspot pada bagian tertentu. materi hostpot pv bisa baca disini

akibat dari Microcrack dibiarkan terus-menerus ya PV tunggu waktu pecahnya saja, hmmm

mari kita kupas penyebab-penyebab nya…

Hostpot adalah Suatu bagian yang diakibatkan oleh panas yang terlokalisasi pada sel fotovoltaik yang terjadi ketika ada perbedaan pencahayaan di antara sel-sel fotovoltaik. Karena keluaran dari sel sebanding dengan jumlah radiasi, sel-sel dapat berperilaku berbeda dan dapat menciptakan masalah ketika dihubungkan secara seri. Sel dengan arus keluaran yang lebih rendah akan mengurangi dan membatasi operasional arus seluruh rangkaian sel fotovoltaik (string). Hal ini menjadi lebih parah jika sel-sel tersebut benar-benar tertutup dan menghilangkan daya total yang dihasilkan oleh sel-sel yang terpapar sinar. Pernah kita bahas pada postingan sebelumnya. Klik ini ya.

https://m.facebook.com/groups/168319220513562?view=permalink&id=279251429420340

Kenapa bisa terjadi microcrack ??

Microcrack hampir mustahil untuk dihindari sehingga dalam jangka panjang akan memengaruhi sebagian besar panel surya, termasuk yang ‘berkualitas tinggi sekalipun’. microcrack dipicu oleh faktor-faktor seperti kondisi mechanical Properties & pengaruh kimia alami, yang menekan panel saat beroperasi di lapangan, seperti hujan es, salju, matahari, angin, maupun cuaca dingin yang parah. Faktor lainnya karena hubungan Faktor-faktor stres lebih lanjut menuju ke siklus termal sel yang saling mengkontak, ekspansi pada logam sel, solderan serta interkoneksi kawat-nya.

Dampak yang lebih parah dari gejala diatas yaitu mengakibatkan penurunan arus, hubungan singkat dan efisiensi sel menurun. Seringkali juga microcrack disebabkan oleh pengaruh hasil dari kekuatan mekanik maupun tekanan panas.

Dalam proses produksi, microcrack paling sering terjadi selama laminasi panel, terutama ketika menggunakan bagian film EVA tertentu dengan kelembaban impermeabilitas lemah.

Microcrack juga dapat terjadi selama penyolderan manual ketika ekspansi termal tembaga dan elemen silikon berkembang pada suhu di atas 300 ° C. Perbedaan suhu tersebut dapat menyebabkan pembentukan retakan mikro di substrat sehingga menghasilkan resistensi sel yang lebih tinggi.

Dan tentunya banyak lagi metode kenapa bisa terjadi microcrack yang bisa kita analisa bersama, alat untuk mendeteksi microcrack adalah electro luminescence (EL) dan electro luminescence crack detection (ELCD).

Perkembangan Snail Tracks seperti apa pada panel surya ? :

  1. snail Tracks biasanya timbul antara 3 – 5 bulan setelah instalasi.
  2. Semua sel surya yang memiliki snail track, akan menyebabkan microcrack pada semua sel surya tersebut dalam jangka waktu dekat.
  3. Setelah 8 bulan, semua sel surya yang mempunyai microcrack hanya beberapa sel surya saja yang memiliki snail track.
  4. Snail Track berkorelasi dengan microcrack
  5. Snail Track tidak akan muncul bila panel surya ditempatkan di dalam ruangan.
  6. Perkembangan Snail Tracks tergantung dengan Intensitas Cahaya Matahari dan kelembaban
  7. Penggunaan EVA Film pada proses enkapsulasi juga ada peranan didalam perkembangan Snail Tracks yang diduga akibat dari proses reaksi kimia antara kelembaban, oksigen, karbondioksida dan senyawa lain yang mendapatkan akses melalui micropores, retak dan tepi sel atau melewati daerah antara lapisan enkapsulasi dan substrat Si yang berinteraksi atau mengoksidasi grid perak.

    merk-merk ternama yang sudah terkena snailtrack bisa dibaca disini ;

Apakah masih bisa dapat garansi?

Selama masa garansi maka kita bisa mengajukan klaim garansi ke produsen PV terkait kualitas PV, apalagi jika kita cantumkan penurunan kualitas karena microcrak, seperti tegangan yg menurun, atau produksi yg hancur ini justru akan mempermudah memperoleh layanan garansi dari produsen PV, yaitu garansi product dan garansi performance. sayang banyak produsen PV yang tanda kutif “nakal” tidak memberikan garansi produk pada panel yang dijualnya sehingga banyak para user kecewa setelah terjadi snailtrack pada panel surya yang telah dipasangnya.

Bagaimana memilih PV yg baik.??

Bagaimana ya…hahaha sudah kita bahas pada postingan yg sebelumnya lho ya, klik saja tautan, Tapi secara garis beras, pilih saja yg tier 1 dan mempunyai layanan after sales yg baik. atau PV lokal TKDN yang sudah mempunyai record bagus untuk memberikan garansi produknya seperti ICA Solar, kenika, jsky, solana, Len dan seterusnya.

Tautan tentang memilih PV yg baik – klik ini

https://m.facebook.com/groups/168319220513562?view=permalink&id=287386348606848

Jika microcrack dibiarkan saja apa masalahnya???

Akan terjadi beberapa hal berikut ini ;

  • Kelembaban, oksigen dan air bisa masuk ke bagian yang rusak dan menimbulkan korosi pada kabel, dan dapat menyebabkan hubungan arus pendek.
  • Kerusakan kaca yang parah dapat membahayakan sel-sel fotovoltaik dan mengganggu koneksi busbar di antara sel-sel sehingga dapat menyebabkan seluruh string terlepas dari jaringan.
  • Keretakan dapat mengurangi transmisi cahaya ke sel fotovoltaik sehingga mengurangi keluaran daya dari modul fotovoltaik.
  • Kerusakan akibat peningkatan pelepasan panas atau pemanasan hot spot di sel dengan paparan sinar matahari yang minimal mungkin dapat terjadi jika dioda bypass tidak dipasang di modul fotovoltaik.
  • Penurunan kinerja atau produksi listrik dari modul fotovoltaik.

MENGHINDARI SNAILTRACK SEPERTI APA ?


Penyebab lain Snailtrack Analisis dari info teman-teman yang sudah banyak pasang dilapangan bisa terjadi ketika kita memasang panel surya terlalu dekat dengan atap, terutama atap-atap yang memakai bahan baja ringan-spandek yang bisa mengakibatkan rambatan panas pada atap itu mengalir ke panel surya, panel yang sudah panas akan bertambah panas juga berkat pantulan sinar dari atap, lalu panel overheat lama-lama muncullah snailtrack.

solusi dari teman-teman yang sudah pasang adalah tidak memasang panel surya terlalu dekat dengan atap, atau memberikan jarak sekitar 30-50cm dari atap, tujuanya adalah untuk sirkulasi udara sehingga PV tidak overheat serta tidak memicu munculnya snailtrack.

Bagaimana sudah paham tentang microcrack dan bahayanya bukan, jangan tergoda dengan harga murah, pilih PV grade A atau Tier 1 yg banyak direkomendasikan, harganya cuma selisih 1000-2000rupiah saja per WP. Jika ada yg berkualitas kenapa milih yg ecek-ecek…hahahaha

Salam jossssssss.
Colek pengguna PV Slamet Sutrisna Djoe Amura Mdjms Suyitno Ledeng Wilmar Budi Rusmanto Nur Harjanto Chandra Hermawan Hermawan Riyadi Rio Vian Af Afroni Moh Anas Andhika Chandra Wijaya Mera Tania Daniatun Lutfi Chaerul Bima’mbe Mbe George Frans Rizky

sekian pembahasan kali ini.

salam luar biasa
semoga sehat selalu

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy