HOTSPOT PADA PHOTOVOLTAIK

hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa

Efek terkena bayangan modul PV jadi rusak. Kenapa bisa???

Pernah kita bahas sebelumnya tentang efek terkena bayangan (shading) pada panel surya, jelas kita sepakati bahwa efek bayangan sangat menganggu produksi PV, hal ini pernah kita alami sendiri bahkan kurang lebih satu tahun PV mengalami produksi yang jauh dibilang baik, namun apa cukup itu saja, tidak…!!! Bayangan dapat menganggu modul PV itu sendiri bahkan bisa mempercepat umur PV nah efek itu dinamakan hotspot. apa itu hostpot? apa pengaruh buruknya bagi panel suryamu?

Efek bayangan merupakan kemungkinan terhalangnya panel surya akibat dari bayangan suatu benda sehingga mengakibatkan berkurangnya radiasi sinar matahari yang dapat diterima oleh sel-sel pada panel surya. Dibanyak kasus panel surya akan tertutup oleh bayangan, baik sebagian atau seluruhnya. Bayangan yang terjadi sering disebabkan oleh awan yang lewat, bangunan tinggi, menara-menara tinggi,
pohon, kotoran burung, debu, dan juga bayangan dari satu panel di sisi yang lain

hostpot bisa menjadi salah satu indikator pemicu snailtrack, baca tentang snailtrack disini maka hal ini harus kita hindari agar kinerja panel surya kita akan baik-baik saja menghasilkan listrik dengan maximal.

mari kita ulas bersama..

Hospot terjadi ketika PV terkena bayangan sebagian, sedangkan pelepasan panas pada sel cenderung meningkat atau suatu bagian yang diakibatkan oleh Panas pada sel-sel PV yg terlokalisasi yg terjadi ketika adanya perbedaan pencahayaan pada sel-sel PV tersebut.

hostpotHot Spot adalah pemanasan yang terjadi pada salah satu sel surya pada suatu rangkaian seri sel-sel surya. Hal ini terjadi karena sel surya tersebut terkena efek bayangan/tertutup secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sel surya (buruk) yang terkena efek bayangan/tertutup ini akan memberikan arus listrik terkecil dari sel surya yang lainnya. Sehingga akan membatasi besarnya keseluruhan arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri sel – sel surya tersebut. Kelebihan arus listrik yang dihasilkan oleh sel surya (baik) yang tidak terkena efek bayangan / tertutup akan diteruskan (Forward bias) kepada sel surya (buruk) yang terkena efek bayangan / tertutup.

Sehingga pada sel surya (buruk) dipaksa kedalam keadaan bias tegangan mundur, dimana efeknya akan diasumsikan memiliki suatu tahanan / hambatan tertentu sehingga terjadi disipasi daya (pemborosan daya lisrik oleh hambatan). Hal inilah yang menyebabkan panas pada sel surya (buruk) yang terkena efek bayangan / tertutup. Semakin besar suatu rangkaian seri sel – sel surya maka akan memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk terjadinya suatu Hot Spot, untuk mengatasi ini maka diperlukan suatu diode agar dapat meminimalisasikan terjadinya Hot Spot tersebut.

Efek dari Hot Spot ini bila terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan :

  1. Microcrack pada sel surya
  2. Bagian sekitar interconnect pada sel surya akan terlihat seperti terbakar
  3. Solar glass akan pecah

Snail Tracks adalah tanda yang menyerupai jalur siput yang timbul diatas permukaan sel surya pada suatu panel surya. tentang Snailtrack baca disini :

Perkembangan Snail Tracks :

  1. snail Tracks biasanya timbul antara 3 – 5 bulan setelah instalasi.
  2. Semua sel surya yang memiliki snail track, akan menyebabkan microcrack pada semua sel surya tersebut dalam jangka waktu dekat.
  3. Setelah 8 bulan, semua sel surya yang mempunyai microcrack hanya beberapa sel surya saja yang memiliki snail track.
  4. Snail Track berkorelasi dengan microcrack
  5. Snail Track tidak akan muncul bila panel surya ditempatkan di dalam ruangan.
  6. Perkembangan Snail Tracks tergantung dengan Intensitas Cahaya Matahari dan kelembaban
  7. Penggunaan EVA Film pada proses enkapsulasi juga ada peranan didalam perkembangan Snail Tracks yang diduga akibat dari proses reaksi kimia antara kelembaban, oksigen, karbondioksida dan senyawa lain yang mendapatkan akses melalui micropores, retak dan tepi sel atau melewati daerah antara lapisan enkapsulasi dan substrat Si yang berinteraksi atau mengoksidasi grid perak. merk-merk ternama yang sudah terkena snailtrack bisa dibaca disini ;

 

Apa Efect negatif yg ditimbulkan dari hostpot saat di instalasi?

  1. Berpengaruh pada system seri PV. Karena keluaran sel sebanding dg jumlah radiasi, sel-sel dapat berprilaku berbeda dan dapat menciptakan masalah ketika di seri.
  2. Menggangu kemampuan produksi, sel-sel dg arus keluaran lebih rendah akan mengurangi operasional arus seluruh rangkaian sel PV (string). Hal ini bisa lebih parah jika sel-sel benar tertutup maka dapat menghilangkan daya total sel-sel yg terpapar sinar.
  3. Tercipta hostpot dibeberapa titik. Rendahnya sel-sel mengantisipasi disipasi daya, sel-sel tersebut tersebut menghasilkan hotspot penyebab lainnya karena kenaikan suhu karena rendahnya kualitas sel-sel, peyolderan yg buruk antar sel-sel juga bisa menyebabkan itu.
  4. Kehilangan daya. sel-sel yg memiliki nilai hambatan paralel (shunt resistance) yg terlalu rendah, hal inilah yg menyebabkan PV kehilangan daya listrik di sel PV.

    Antisipasi hotspot seperti apa?

  1. Identifikasi lokasi pemasangan PV yg benar pastikan tidak akan terkena shading effeck. Desain yg benar jarak yg cukup aman dari efek shading.
  2. Cek berkala keadaan PV atau deteksi dini dengan alat thermografi untuk menghindarkan efek hospot berpengaruh pada seluruh rangkaian PV.
  3. Pasang dioda bypass. Kabar baiknya. Dioda ini kebanyakan sudah terpasang pada kotak hitam dibelakang PV. Jika memang tidak ada maka bisa pasang sendiri sesuaikan kondisi kemampuan PV tersebut. Pengaruh dari dioda bypass dipasang untuk menghindari adanya hot spot akibat dari kondisi dimana salah satu sel dalam satu panel surya ditutupi oleh bayangan dari benda sehingga tidak mendapatkan radiasi sinar matahari.
  4. Dari hasil pengukuran, satu sel saja dari satu panel surya ditutup oleh bayangan akan berpengaruh terhadap penurunan daya keluaran sebesar 38,01 %. Ketika 12 sel dari satu panel surya ditutup oleh bayangan secara baris akan berpengaruh terhadap penurunan daya sebesar 37,6%. Sedangkan penutupan 6 sel secara kolom dari satu panel surya oleh bayangan akan mengurangi daya keluaran sebesar 99,6 %. Begitu juga dengan penutupan 36 sel secara kolom dari satu panel surya oleh bayangan juga akan mengurangi daya keluaran sebesar 99,89%.

Piye paklek Suyitno Ledeng Slamet Sutrisna Nur Harjanto Budi Rusmanto Moh Anas Eh Akrie Rizky Wilmar Hermawan Riyadi George Frans

Sudah memperhatikan pemasangan modul PV dengan benar, jangan karena mengikuti arah genteng saja, malah terkena shading yg bisa mengakibatkan PV rusakk.. ingat-ingat thing.

Jossss..

sekian pembahasan kali ini

salam luar biasa
semoga sehat selalu

temonsoejadi
pegiat renewable Energy