Postingan ini dari share yang ditulis oleh lek sigit temon. semoga membantu memperkirakan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memulai PLTS. mari kita simak apa yang beliau tulis berikut ini :

Makin hari makin gerah dengan pertanyaan ngawur anggota group baru, yg dirasa gak mau baca postingan lama atau memang sudah tenggelam petunjuknya. Baiklah coba kita ulangi disini;

  1. Perhitungan kebutuhan peralatan plts tidak bisa didasarkan besaran kapasitas pln terpasang saja (watt) , karena plts membutuhkan media penyimpanan energi(watt x hour) . Perhitungan akan lebih mendekati jika menggunakan besaran daya yang terpakai setiap hari atau setiap bulannya(wh atau kwh), bisa juga dari biaya pembayaran listrik pln/bulan(Rp).
  • panel surya, memiliki satuan wp yaitu watt peak, harga bervariasi tapi untuk pegangan bisa kita pakai 7 ribu rupiah /wp. Setiap wp bisa kita harapkan minimal rata rata perhari menghasilkan daya 3x nya yaitu 3 wh. Jadi kebutuhan panel=daya yg dibutuhkan perhari dibagi 3
  • baterai, harga variatif tergantung jenis, untuk jenis aki basah per 100 ah bisa kita hitung 1.5 jt. Kapasitas baterai hanya bisa dipakai 50%nya saja untuk menjamin keawetan baterai (dod 50%).Kebutuhan baterai bisa dihitung dengan rumusan=daya yang dibutuhkan perhari dibagi (12 volt x dod=daya dibagi 6.
  • controler, bisa pwm atau mppt, harga dari 50 ribu-1.5 jt tergantung kebutuhan ampere, bisa dicek dimarket place
  • inverter dc-ac. Untuk beban induktif butuh inverter pure sine wave yg harganya 2x lipat inverter biasa (modified sine wave). Inverter pure sine wave 1000 watt pengalaman saya yangbtermurah kisaran 1.2 jt.
    -kabel serabut untuk arus dc dan kabel lidi untuk arus ac. Diameter kabel menyesuaikan kebutuhan, untuk diameter 6 mm kabel serabut panel surya sendiri saya pernah beli 30 ribu/meter.
    -peralatan pemutus arus +pengaman konsleting. Harga variatif bisa dicek di market place.
    -kerangka dudukan panel surya, bisa dari kayu, baja ringan atau batang alumunium.

Untuk anggota baru mungkin yang perlu dihitung detail adalah kebutuhan panel dan baterai, karena 2 hal diatas biasanya adalah yang paling mahal. Semoga bisa jadi sedikit petunjuk awal sebelum bertanya, supaya pertanyaan nya lebih mudah dijawab. Maaf jika ada kekeliruan, diharapkan koreksi dari master master disini.

josss..

baca artikel menarik dan menginspirasi lainnya :

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

krisis air bersih, PLTS solusinya, mantap baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
lebih Jos mana Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Perbandingan Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini
Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini
Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini
paduan untuk pemula panel surya system ongrid baca disini


SOLAR ENERGY POWER.

Authorized Distributor Panel surya ICA Solar, Maysun Solar, Kenika, Mysolar, JA solar, kabel PV1F, Kabel VW-1 Inverter Puresine, hybrid inverter, Ongrid Inverter, Offgrid inverter, Solar controller Mppt, PWM, Solar home system, Battery VRLA, lifepo4, lithium18650, LTO, Opzv, Mcb DC, YBranch, MC4, Mounting system, Kapasitor, balancer, desulfator, capasitor, SPD, Arester, VPD, Fuse, Box panel, Mc4, lampu DC, lampu PJU, pompa DC sumersible dan lain-lain

ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun, inverter bergaransi up-to 5 tahun kunjungi https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi kunjungi http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

WhatsApp Business : wa.me/6285711256257
Telegram : https://t.me/Temonsujadi
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi
Shopee : shopee.co.id/temonsujadi
Tokopedia : http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

Website ;
https://temonsoejadi.id
https://icasolar.com

Ketik “Solar Energy Power” dimaps
Perum Grand Residence Prapanca 2 BB 9/6 RT 02/14 Cijengkol setu-bekasi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy