hallo rekan-rekan pegiat Renewable energy yang luar biasa.

berapa PV MU terpasang saat ini ?
pertanyaan ini tentu membutuhkan jawaban cukup serius karena nantinya akan ketahuan juga perangkat lain yang sedang digunakan salah satunya jenis Solar controler baik Pwm Dan MPPT, kali ini kita akan membahas MPPT, MPPT Maximum Power Point Tracking memiliki kemampuan konversi enegry listrik cukup unik yaitu dengan memafaatkan kelebihan tegangan dari string PV untuk dirubah menjadi Amper yang bisa digunakan untuk keperluan charging battery lebih cepat disertai efisiensi yang sangat tinggi, sehingga energi yang di hasil dari solar panel tidak banyak terbuang, mantap bukan.

kali ini kita akan mengupas tentang makeskyblue mppt yang banyak digunakan oleh orang-orang disekitar kita, apa kelebihannya, apa kekurangannya, berapa tegangan kerjanya, berapa banyak pV yang bisa dipasang, berapa harganya terkait garansi dan seterusnya yang tentunya menarik untuk kita simak bersama.

Makeskyblue di produksi dimana ?

MakeSkyBlue is a professional company of MPPT solar charge controller and MPPT solar charge inverter, which focus on MPPT technology. Established since 2015, our headquarters is in Shenzhen regarded as China Silicon Valley. our company is growing rapidly and is developing a series of reliable MPPT controller and Inverter to help clients save cost and electricity bill ,even to protect our blue sky.The most of products are selling to United States,Europe,Australia,South Africa and we are honored to get the great feedback from our professional customers. As a 15-year technology team in MPPT and solar field ,we will continue to research new generation of solar products to face the environmental and manufacturing cost challenges. MakeSkyBlue is not only a solar company ,but also is an idea to “Make Sky Blue”.Just do something and we’ll have a blue sky.

jadi Makeskyblue berpusat di Shenzen china dan sekarang 5 Negara sudah bermitra dengannya termasuk indonesia. Tepatnya disemarang jateng

Produk spesifikasi pada makeskyblue ?

100% MPPT controller

Intelligent Maximum Power Point Tracking technology

Built-in DSP controller with high performance

Automatic battery voltage detection 12V/24V/36V/48V

Three-stage charging optimizes battery performance

Multi-function LCD displays

Output limited current protection

Overcharge protection

Over-temperature protection

Easy to be mounted on the wall

No need an extra device to be in parallel

No limited quantity to be in parallel

Easy to set for lithium battery

Suitable for battery types of sealed lead acid, vented Gel, and Lithium battery

Datasheet makeskyblue seperti apa ?

Model No. S3-60A
Charging mode MPPT Maximum power point tracking automatically
Charging 3-stage:constant current(MPPT), constant voltage(Absorption Voltage), floating charge
System type DC12V/24V/36V/48V Recognition automatically
System voltage automatic recognition 12V system (DC9V-DC15V)

24V system (DC18V-DC29V)

36V system (DC30V-DC39V)

48V system (DC40V~DC60V)

Soft start time ≤1S
Dynamic response and recovery time 100us
Max efficiency ≥98.2% (Voc is 1.5 or 2 times than battery, then it’s the best efficiency)
PV utilization ≥99%
Input specification
Voc from PV

( Make sure the Voc of PV meeting the requirement as right. Voc is 1.5 or 2 times than battery, then it’s the best efficiency. )

12V system (DC20V~DC80V)

24V system (DC37V~DC105V)

36V system (DC50V~DC160V)

48V system (DC72V~DC160V)

The maximum PV input power

(The total power rated of PV can’t be over this watt that will break the controller.)

12V system (720W)

24V system (1440W)

36V system (2100W)

48V system (2800W)

Output specification
Selectable battery type(default is Sealed) Vented/ Sealed / Gel / NiCd / Lithium battery(defined voltage for other battery by user)

For 12V battery, you could set the voltage from 12V-17V.

For 24V battery, you could set the voltage from 24V-34V.

For 36V battery, you could set the voltage from 36V-51V.

For 48V battery, you could set the voltage from 48V-68V.

Absorption Charging Voltage Refer to Batteries charging reference
Floating Charging Voltage Refer to Batteries charging reference
Overcharging protection voltage 12V system (15V)

24V system (30V)

36V system (45V)

48V system (60V)

Rated output current 60A
Temperature Coefficient ±0.02%/ °C
Automatic temperature compensation 14.2V-(Max temperature-25 °C)*0.3
Output voltage ripple-peak 100mV
Output voltage accuracy ≤±1%
Indicating
LCD display See LCD display instruction
Protection function
Output over-voltage protection See output specification
Input Anti-intrusion protection yes
Temperature Protection 75 °C
Temperature increased protection Output power will reduce when it’s more 70 °C.

Output power will be normal when it’s less 55 °C.

Fan-on temperature >40 °C
Fan-off temperature <35 °C
Other parameters
Acoustic noise ≤40dB
Cooling way Forced air cooling.
Components Imported materials,Accord to EU standards, Industrial grade range.
Environmental requirements Meet 2002/95/EC; No cadmium, hydrides and fluorides
Properties
Size (mm) 215x115x50
Net weight(Kg) 1.1
Gross weight(Kg) 1.2
Security Level Accord to CE、PSE、FCC、EMC, EN60950
Electromagnetic Compatibility Accord to EN61000,EN55022,EN55024
Enclosure IP21

Berapa panel surya yang bisa dipasang pada Makeskyblue ?

untuk hitungan berapa panel surya yang bisa dipasang itu tergantung berapa Amper mppt nya, sebagai contoh MSB 60A sebagai berikut :

hitungan panel surya yang boleh dipasang:
1. Jika baterai 12V, Anda dapat menempatkan panel 720W, Voc harus 20VDC-80VDC.
2. Jika baterai 24V, Anda dapat menempatkan panel 1440W, Voc harus 37VDC-100VDC.
3. Jika baterai 36V, Anda dapat menempatkan panel 2100W, Voc harus 72VDC-120VDC.
4. Jika baterai 48V, Anda dapat menempatkan panel 2800W, Voc harus 72VDC-150VDC.

Bagaimana terkait Garansi pada Makeskyblue ?

karena yang dealer resminya hanya menjual di tokopedia maka peraturanya seperti ini silahkan dibaca dan dicerna sendiri ya kita ambil dari situsnya langsung :

Diberitahukan kepada pembeli atau buyer bahwa peraturan yang kami buat dibawah ini merupakan salah satu hak dari buyer sebagai pembeli, dan seller sebagai penjual agar masing-masing pihak mendapatkan hak dan kewajiban nya masing-masing, sehingga tidak ada yg dirugikan, karena walaupun anda belanja di dunia nyata sekalipun peraturan setiap toko pasti ada, kerena itu anda sebaga buyer tidak perlu kuatir, ataupun takut untuk belanja online, karena peraturan dibuat untuk melindungi pembeli ataupun penjual untuk mendapatkan hak dan kewajiban nya masing-masing, agar tidak ada yang dirugikan.

Adapun peraturan tersebut seperti dibawah :

  • Garansi hanya untuk produk yang bertuliskan GARANSI dan Sudah ada kesepakatan antara pembeli dan penjual baik melalui pesan maupun diskusi tokopedia yang bisa dilacak, bukan melalui sms/telepon/email yang tidak bisa dilacak oleh tokopedia, yang menerangkan bahwa antara pembeli dan penjual telah sepakat untuk memberlakukan garansi selama kurun waktu yang disepakati.
  • Garansi hangus jika produk terkena air,salah pemakaian karena korslet oleh buyer, terkena air, terbanting , Segel Toko Dibuka/DiRusak & kerusakan force majeur dari pengguna krn tidak mengetahui fungsi pemasangan product.
  • Selama masa garansi jika terjadi kerusakan seperti poin 1 & 2 , biaya pengembalian produk yaitu ongkir dari buyer ke toko ditanggung buyer, dan barang baru pengganti akan kami kirim kembali ke buyer dengan ongkir ditanggung oleh buyer.
  • Barang yang kami jual sebelum dikirim pasti akan kami tes terlebih dahulu agar ketika brg sampai ke buyer dalam kondisi bagus dan normal, oleh sebab itu jangan kuatir karena kami tidak akan memberikan barang rusak/malfuction.
  • Untuk barang yang tidak bergaransi berarti kami tidak berikan perlindungan, tetapi jangan kuatir anda akan kami berikan wakta 2x24jam setelah barang diterima untuk diklaim jika terjadi kerusakan karena barang rusak karena cacat dari pabrik seperti error,malfunction (semua karena kerusakan dari pabrik dan bukan kesalahan pembeli ataupun kerusakan dari pihak expedisi), setelah lewat dari masa tersebut maka kami sudah tidak terima klaim apapun.
  • Jika anda merasa produk yang anda terima malfuction seperti point 1,2,5 silakan hubungi kami via Pm Chat tokopedia pesan, kami akan respon secepatnya kalo kami online paling lambat 1x24jam (harap dimengerti kami tidak selalu online terus jadi harap bersabar, karena kami juga ada kesibukan lain seperti hal nya anda, tetapi kami akan tindak lanjuti hingga tuntas
  • Sebelum Melakukan Complain / Claim Garansi harap konsultasi dulu ke kami via chat PM tokopedia, karena banyak sekali kasus, bukan karena kesalahan barang tetapi karena pemakainya yang tidak mengerti cara penggunaan nya atau faktor lain nya, Jika sudah tidak ada solusi baru masuk ke Pusat Resolusi.
  • Bagi yang sering masuk Pusat Resolusi sebelum konsultasi dulu ke kami via PM Tokopedia pesan…. next order akan di BLACKLIST,Bila complain masuk di forum diskusi/ulasan/talk about it, maka tidak akan ditanggapi karena sama saja anda merusak nama toko kami, oleh sebab itu diskusikan terlebih dahulu degan kami di chat PM toko atau diskusi tokopedia ini. seperti kata orang semua masalah pasti ada solusi nya, jadi tidak usah marah-marah, dan karena itu bisa diselesaikan dengan baik-baik.
  • Untuk Produk yang bertuliskan GARANSI PABRIK, Ongkos PP dari pembeli ke tempat Service Center ditanggung oleh pembeli sepenuhnya.Semua peraturan diatas bisa sewaktu-waktu kami rubah maupun kami tambah atau kurangi, oleh sebab itu harap dimengerti. tetapi yang pasti kami akan selalu memberikan yang terbaik kepada buyer kami.

REVIEW BINTANG 1,2,3,4 OTOMATIS MEMBATALKAN GARANSI PRODUK.

begitu Seller makeskyblue menuturkan peraturannya.

kalau kita import langsung dari China bagaimana garansi nya ?

pada dasarnya setiap produk memiliki garansi resmi, namun berhubung jarak jauh dan kesulitan komunikasi serta lama mengurusnya maka untuk yang import langsung dari china anggap saja no garansi.

apa yang sering menjadi kendala pada Makeskyblue ?

sejauh yang kita amati dan kita analisa, Makeskyblue cukup memberikan performa baik hanya ada beberapa seri yang mengalami malfungsi berupa ERROR D60, D40, D30.

error D60 mengindikasikan mppt Overheat, maka mppt akan restart kembali, salah satu cara agar tidak terjadi error d60 adalah dengan menambah kipas fan pendingin yang diarahkan pada MPPT, jika itu tidak berhasil maka salah satu cara solusi terbaik adalah dengan mengganti ic Powernya.

bagaimana cara setting timer pada jalur load Makeskyblue ?

Mengenai Timer pada jalur LOAD, timer di msb kit 20A ataupun versi amper lebih tinggi misal msb40A….. di adress setting TIMER, …D 00 >>>dari uji coba data hitung menggunakan bantuan jam, sebagai counter= misal D00 diisi 01 >> dia akan hidup kisaran 3jam (setelah 3 jam mati loadnya), misal D00 diisi data 02 dia akan hidup kisaran 4 sd 5jam an….(setelah sekitar 4 atau 5 jam mati loadnya).
Timer tersebut akan bekerja pada jalur LOAD dengan syarat jalur PV atau input solar panel kondisi tidak menghasilkan tegangan atau arus, yaitu dikondisi sore memasuki malam. Sehingga timer seperti ini cocok untuk MPPT Solar Charger Controller untuk Penerangan .
addres konfigurasi d00 untuk konfigurasi load, bisa di isi angka 00 s.d. 24.
isi data 24 untuk default 0n pada jalur load dengan syarat bisa hanya terhubung baterai atau kondisi siang atau malam bisa on terus jalur LOAD.
setinggan TIMER agar bisa berjalan untuk d 00 isi data 01 s.d 23, syaratnya adalah input PV tidak ada tegangan dan arus ( PV tidak terkena matahari / malam hari).
potongan sumber datasheet petunjuk , konfigurasi di address d00:
Caution! All steps must be carried out under the solar panels are disconnected to controller. The controller will work fine without any setting or any confirmation. Please ignore all as below if you are not professional of our controller.
Step 1: D00
Press the button PRG, then LCD displays number D00, this is setting for load working time (Default is 24 hours). Press ENT until numbers flashes, then press UP/DOWN to set up time that you want, long press ENT to confirm it.This terminal power is same as battery voltage. The load is only for small lamp, never connect other loads that will burn the controller. If no load, just ignore it.
Catatan penting lainnya,
setelah melakukan konfigurasi ulang di sarannya sistem PV terputus,
dan setelah melakukan konfigurasi ulang ini, kita lakukan langkah dari awal. Startup on awal,
dengan cara pv di putus, jalur beban /load dilepas, dilanjutkan baterai di lepas, baru kemudian baterai dipasang.
mulai startup awal setelah baterai dipasang, MPPT menyala /hidup awal, dilanjutkan pemasangan PV dan kemudian terakhir pemasangan LOAD.
berikut uji coba timer d00 dengan berbagai konfigurasi, dengan syarat PV arus dan tegangan nol atau kondisi sore/malam. Untuk lama kondisi LOAD on atau hidup seperti foto di bawah ini. Syarat load tetap ON dengan syarat jalur PV tanpa arus dan tanpa tegangan, tetapi jika PV ada tegangan / ada arus kondisi LOAD akan mati.

timer pada address d00 diisi data 00 , load akan on selama 01jam :30menit

timer pada address d00 diisi data 01

timer pada address d00 diisi data 02

timer pada address d00 diisi data 03
timer pada address d00 diisi data 04

timer pada address d00 diisi data 05 , load akan on selama 08jam :59menit
kesimpulan awal:
misal d00 diisi 00 timer 1jam 30menit.
misal d00 diisi 01 timer 3jam.
misal d00 disi 02 timer on selama 4jam 30 menit.
misal d00 diisi 03 timer on load selama 6jam.
misal d00 diisi 04 timer load on 7jam 30menit.
misal d00 diisi 05 timer load on 9jam…..
(dengan syarat PV tanpa arus/ tanpa tegangan atau kondisi sore/malam).
Kalo pingin on LOAD terus baik tanpa PV ataupun dengan PV. adress timer d00 diisi 24 .
bagaimana cara setting makeskyblue pada panel surya ?
kita akan bahas terpisah ya… biar tidak terlalau panjang artikel ini..

datashet makeskyblue lengkapnya bisa download disini Datashet 30-60A_MPPT_Makeskyblue

selamat membaca
salam Renewable Energy
temonsoejadi


baca artikel menarik dan menginspirasi lainnya :

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

krisis air bersih, PLTS solusinya, mantap baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
lebih Jos mana Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Perbandingan Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini
Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini
Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini
paduan untuk pemula panel surya system ongrid baca disini


SOLAR ENERGY POWER.

Authorized Distributor Panel surya ICA Solar, Maysun Solar, Kenika, Mysolar, JA solar, kabel PV1F, Kabel VW-1 Inverter Puresine, hybrid inverter, Ongrid Inverter, Offgrid inverter, Solar controller Mppt, PWM, Solar home system, Battery VRLA, lifepo4, lithium18650, LTO, Opzv, Mcb DC, YBranch, MC4, Mounting system, Kapasitor, balancer, desulfator, capasitor, SPD, Arester, VPD, Fuse, Box panel, Mc4, lampu DC, lampu PJU, pompa DC sumersible dan lain-lain

ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun, inverter bergaransi up-to 5 tahun kunjungi https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi kunjungi http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

WhatsApp Business : wa.me/6285711256257
Telegram : https://t.me/Temonsujadi
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi
Shopee : shopee.co.id/temonsujadi
Tokopedia : http://www.tokopedia.com/temonsoejadi

Website ;
https://temonsoejadi.id
https://icasolar.com

Ketik “Solar Energy Power” dimaps
Perum Grand Residence Prapanca 2 BB 9/6 RT 02/14 Cijengkol setu-bekasi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy