PENTINGKAH sebuah BALANCER?

halo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Pentingkah sebuah battery pada system panel suryamu ? hal ini akan menjadi topik menarik untuk kita bahas bersama. pasalnya dengan adanya pertanyaan ini akan muncul pertanyaan lanjutan bahwa kenapa battery seri lebih cepat rusak digunakan daripada system paralel ?
mari kita teliti bersama, kita tahu system seri itu mempunya interkoneksi satu sama lain jika battery A mengalami masalah maka battery B pun akan ikut terbawa juga dalam masalah, hal ini pernah ada seseorang yang bekerja pada maintenance tower BTS konsultasi ke kita mengapa battery tower bts cepat rusak,cepat soak !! bahkan 1 tahun harus diadakan biaya besar penggantian battery, maka tak heran stock battery VRLA dilapangan akan begitu melimpah karena tiap tahun bisa jadi ada pengadaan battery baru untuk backup system BTS sedangkan battery yang masih good dilempar kepasar dengan harga second, kembali pada kasus diatas usut punya usut, system bts itu dari informasi yang dia berikan kepada kita menggunakan battery seri system 48V ada yang menggunakan satu bank dengan memakai battery NS190x 4 atau 2Bank yaitu Shoto 100Ah x 4 dikali 2, yang menjadi masalah adalah muncul ketidakbalance pada battery no 4. atau battery yang dekat dengan koneksi minus (- ) battery nomer 4 serta no 3 sering menjadi trouble karena arus charge yang belum maximal. bagaimana cerita sselanjutanya.

pentingkah balancer untuk sebuah battery, apa manfaatnya ?

mari kita ulas bersama disini

dari kasus diatas kita menyarankan agar mulai menggunakan battery balancer pada system tower BTS, dengan adanya balancer maka pengisian battery akan berimbang, hal ini akan mampu mendukung kebutuhan power yang BTS inginkan, dari semenjak itu BTS ditempat ia bekerja battery-nya performance good dan bertahan cukup lama, bagaiaman dengan BTS ditempat lain yang jumlahnya ribuan ? sepertinya belum mendapat pencerahan, semoga dengan adanya ini bisa tercerahkan hihiihi..

Apa fungsi battery balancer ?

Battery Balancer berfungsi menyamakan status pengisian dua baterai 12V seri atau lebih yang terhubung, atau beberapa rangkaian paralel seri yang terhubung dalam setiap baterai. Ketika tegangan pengisian sistem baterai 24V meningkat menjadi lebih dari 27,3V, Balancer Baterai akan menyala dan membandingkan tegangan selama dua seri baterai yang terhubung. Battery Balancer akan menarik arus hingga 0,7A – 1A dari baterai (atau terhubung paralel baterai) dengan membandingkan tegangan tertinggi. Diferensial arus pengisian yang dihasilkan akan memastikan bahwa semua baterai akan menyatu dengan kondisi tegangan yang sama. paham ya.

Apa manfaat balancer dalam battery ?

Dengan sistem balance charger ini maka akan diperoleh hal-hal berikut :

  1. Memperlama usia pemakaian battery, battery dengan kondisi baik dibuktikan dengan adanya SOH battery yang mendekati 100%, maka perlu kita garis bawahi keterkaitan system seri pada battery akan sangat mempengaruhi kondisi pada setiap battery.
  2. Tiap Cell battery tegangan sama, Battery yang masih baik akan diisi masing-masing tiap cellnya saat waktu charge dilakukan, battery yang sudah mengalami tegangan drop akan sulit dilakukan charge, hal ini bisa dipicu karena adanya ketidakbalance tiap cell yang dipaksakan load beban, battery dengan kondisi cell macam ini pada akhirnya salah satu cell rusak, atau cairan dalam battery habis sehingga battery tidak bisa diisi lagi.
  3. Performa Battery Powerfull, kemampuan daya battery harus didukung oleh internal yang ada didalam battery, seperti IR battery, CCA battery yang akan menunjukkan kemampuan battery dalam mengeluarkan battery. jika satu system seri battery terdapat satu battery yang kurang sehat maka akan banyak mengangu system keseluruhan performance battery itu.

bagaimana langkah seri paralel yang baik bisa dibaca disini 

yakin batterymu dalam kondisi baik baik saja jangan-jangan sudah soak bisa baca artikelnya disini 

datashet salah satu balancer battery  Victron Battery Balancer :

Input voltage range Up to 18V per battery, 36V total
Turn on level 27,3V +/- 1%
Turn off level 26,6V +/- 1%
Current draw when off 0,7 mA
Midpoint deviation to start balancing 50 mV
Maximum balancing current 0,7A (when deviation > 100 mV)
Alarm trigger level 200 mV
Alarm reset level 140 mV
Alarm relay 60V / 1A normally open
Alarm relay reset Two terminals to connect a push button
Over temperature protection yes
Operating temperature -30 to +50°C
Humidity (non-condensing) 95%
ENCLOSURE
Colour Blue (RAL 5012)
Connection terminals Screw terminals 6 mm² / AWG10
Protection category IP22
Weight 0,4 kg
Dimensions (h x w x d) 100 x 113 x 47 mm
STANDARDS
Safety EN 60950, CSA/UL 62368-1
Emission EN 61000-6-3, EN 55014-1
Immunity EN 61000-6-2, EN 61000-6-1, EN 55014-2
Automotive Directive EN 50498

Bagaimana after dan before pada penggunaan battery balancer ?

Bisa dilihat pada gambar dibawah ini dimana sebelum menggunakan balancer voltase tidak jelas teganganya, ada yang terlalu tinggi ada yang terlalu rendah, setelah dipasang balancer tegangan menjadi rata semua. akan battery dapat bertahan diatas 3 tahun baca artikel ini

 

berapa harga balancer system 24v dan 48 v ?

untuk harga antara 270 – 300rbuan untuk sytem 24V dan 48 v sekitar 700rbuan. dengan balancer seperti gambar dibawah ini.

Parameter-parameter penting sebuah battery bisa dilihat disini

untuk merancang 1000watt dengan dana 5jtaan bisa baca disini

———————–

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy

 

temonsoejadi
Pegiat Renewable Energy.