PERC-01-500x222-1

Panel Surya dengan Teknologi PERC VS Panel Surya Biasa

Hallo Rekan-rekan pegiat Renewable Energy. Teknologi selalu berkembang dan perkembangan itu begitu cepat, maka jika kita tak bisa mengikutinya bisa jadi kita terlambat untuk mengetahuinya.

Terlebih teknologi panel surya, untuk mendapatkan efisiensi dan kualitas yang lebih tinggi tetapi mengurangi biaya pembuatan, teknologi sel surya selalu berkembang dan membaik. Salah satunya adalah teknologi sel surya dengan Cell PERC. Sel surya PERC saat ini sangat populer di industri PV surya. PERC adalah singkatan dari Passive Emitter dan Rear Cell .

Apa itu Perc ? apa perbedaan dengan cell surya biasa? Bagaimana efisiensi dari panel ini. Mari kita ulas bersama

Sel surya dengan teknologi PERC yaitu sel surya yang lebih efisien, artinya panel surya yang dibangun dengan sel PERC dapat mengubah cahaya matahari menjadi listrik dengan lebih efisien. Panel surya yang dienkapsulasi dengan sel surya PERC biasanya berkinerja lebih baik daripada panel konvensional baik dalam kondisi radiasi rendah maupun kondisi suhu tinggi. Teknologi PERC meningkatkan efisiensi melalui penambahan lapisan film tipis SiO2 atau Al2O3 ke bagian belakang sel surya tradisional, yang memberikan beberapa manfaat bagi efisiensi sel, gimana paham kan?

Pembuatan PERC tidak memerlukan banyak modifikasi untuk proses pembuatan sel yang ada. Ini adalah perubahan yang relatif mudah bagi produsen untuk mulai memproduksi sel PERC dengan efisiensi lebih tinggi dengan biaya rendah.

Lalu apa perbedaaan dengan Panel surya biasa?

Perbedaan antara sel surya PERC dan sel surya standar

Sel surya PERC tidak jauh berbeda dalam konstruksi dari sel surya fotovoltaik yang khas. Kedua jenis teknologi surya menggunakan wafer silikon untuk menghasilkan aliran elektron menggunakan radiasi matahari yang masuk, dan konstruksi keseluruhan jenis sel sangat mirip. Perbedaan utama antara sel PERC dan sel fotovoltaik monokristalin tipikal biasa adalah integrasi lapisan pasif permukaan belakang, yang merupakan lapisan bahan di bagian belakang sel yang memberikan tiga manfaat utama yang meningkatkan efisiensi sel. Menarik kan?

Bagaimana teknology perc bekerja pada cell surya?

Bagaimana lapisan pasif permukaan belakang menghasilkan keuntungan dalam efisiensi sel surya? Berikut adalah tiga cara lapisan pasif dalam sel surya PERC meningkatkan efisiensi secara keseluruhan:

perc 2

  1. Refleksi cahaya dari bagian belakang sel

Lapisan pasif permukaan belakang memantulkan cahaya yang melewati sel silikon tanpa diserap kembali ke dalam silikon, memberikan sel surya upaya penyerapan kedua. Refleksi cahaya ini berarti bahwa lebih banyak radiasi matahari yang masuk akan berakhir diserap oleh sel silikon, sehingga sel menjadi lebih efisien.

  1. Mengurangi rekombinasi permukaan kembali

Penambahan lapisan pasif permukaan belakang mengurangi “rekombinasi elektron” dalam sel surya. Sederhananya, rekombinasi elektron adalah kecenderungan elektron untuk bergabung kembali, yang menyebabkan penyumbatan dalam pergerakan bebas elektron melalui sel surya. Penghambatan pergerakan elektron bebas ini menyebabkan efisiensi sel yang kurang optimal. Dalam sel surya PERC, rekombinasi elektron berkurang untuk meningkatkan efisiensi.

  1. Mengurangi penyerapan panas

Manfaat ketiga dari sel surya PERC adalah refleksi dari panjang gelombang cahaya tertentu. Wafer silikon dalam sel surya hanya dapat menyerap cahaya dalam panjang gelombang hingga 1180 nanometer (nm), dan gelombang cahaya dengan panjang gelombang yang lebih tinggi melewati silikon dan diserap oleh lembaran belakang logam panel surya, menciptakan panas. Ketika sel surya dipanaskan, mereka beroperasi pada efisiensi yang lebih rendah. Lapisan pasif permukaan belakang dalam sel surya PERC dirancang khusus untuk memantulkan cahaya dengan panjang gelombang di atas 1180 nm, mengurangi energi panas dalam sel surya dan akibatnya meningkatkan efisiensi. Jadi paham kan bahwa panas overheat mengurangi efisiensi baik panel mono maupun poly, teknology perc mampu reduksi itu menjadi lebih efisien. Mantap

half-cell-perc-703x1024@2x

Bagaimana langkah membuat Perc?

Langkah tambahan sel surya PERC

Teknologi PERC bisa sangat kuat diperoleh efisiensi yang jelas dengan investasi minimal yang diperlukan. untuk memulai pembuatan sel surya PERC dari sel surya monokristalin standar. ada dua langkah pembuatan tambahan yang dibutuhkan:

  1. Penerapan lapisan pasif permukaan belakang
  2. Laser / etsa kimia untuk membuka kantong kecil di lapisan pasif

Kedua langkah ini tidak menambah biaya yang signifikan untuk proses pembuatan sel surya sehingga mampu menghasilkan sel surya berkualitas tinggi yang lebih padat energi. Penghalang klasik untuk teknologi sel surya baru adalah biaya produksi peralatan baru, itulah sel surya PERC membutuhkan investasi moneter yang tidak sedikit untuk meningkatkan ke produk yang lebih baik.

Apa manfaat dibenamkan Perc ?

Panel surya yang dibangun dengan teknologi PERC rata-rata menunjukkan lebih banyak kepadatan instalasi energi surya. Ini menyiratkan bahwa Anda dapat menghasilkan jumlah energi daya yang sama menggunakan lebih sedikit panel surya PERC daripada panel surya konvensional. Akibatnya dengan membutuhkan lebih sedikit panel surya untuk instalasi Anda, biaya Anda dapat dikurangi. Selain itu, semakin sedikit panel yang Anda butuhkan, semakin banyak fleksibilitas yang Anda miliki di atap Anda untuk memposisikan panel Anda Jika ruang atap yang sesuai terbatas, menggunakan panel surya PERC atau produk panel efisiensi tinggi dapat membuat instalasi surya mampu menghasilkan daya yang Anda butuhkan.

PERC-01-500x222-1

Mengurangi jumlah panel surya yang Anda butuhkan memiliki manfaat menurunkan biaya keseimbangan sistem (BOS) untuk sistem tenaga surya Anda. Biaya BOS umumnya adalah semua biaya yang terlibat dalam komponen instalasi surya yang bukan modul surya itu sendiri. Inverter, pemasangan dan pemasangan semua faktor ke dalam biaya BOS Anda, dan semakin sedikit panel yang Anda butuhkan, semakin sedikit komponen pelengkap yang Anda perlukan juga.

Gimana menarik bukan, teknologi panel Perc pada panel monokristalin sudah banyak diaplikasikan pada PV tier 1 seperti JA solar, Bluesun. Dan banyak lagi umumnya mereka produksi WP besar. Untungnya produk ICA Solar versi Entry levelnya dari 115WP 130WP 170Wp dan seterusnya sudah mengaplikasikan sebagian pada Produknya, sehingga end user dengan budget pas-pas bisa memiliki panel surya berkualitas dengan garansi prioduct paling lama dikelasnya.

Sudahkah anda memiliki modul surya monokristalin dengan teknologi Perc ??

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy