Tulisan komentar panjaaaaaang banget. Sepanjang string seri HVDC on-grid. Indonesia tdk layak on grid. Listrik masih ada/sering mati malah kadang tanpa pemberitahuan. 3 tahun di Malaysia listrik hanya mati 1x. 3 bulan saya di Belanda ga pernah mati lampu. Dst…. On grid mati jika PLN mati. On Grid hanya ringankan beban puncak PLN. Beban puncak PLN siang ada di kota, dan kawasan industri.

Menurut saya PLTS kebakar ada 2 kemungkinan

  1. Daya terpasang cukup besar. Arus tinggi HVDC lagi. Short Circuit tdk terproteksi oleh Inverter on grid. Atau sebab lain perlu pemeriksaan lebih lanjut.
  2. Karena ada api 🔥

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna (user), konsultan perencana, kontraktor pemasangan, dan penyedia barang (pabrik dan wholesale distributor) mengenai resiko bahaya sistem panel surya, yaitu:

Risk #1: Faulty Manufacturing
Kegagalan produk akibat kesalahan dalam proses produksi sangat jarang terjadi. Dikarenakan setiap produsen akan melakukan cek terhadap kualitas (QC – Quality Check), sebelum produk tersebut dilempar ke pasaran. Namun kesalahan tetap bisa terjadi.

Risk #2: System design and installation error
Desain sistem dan instalasi sistem panel surya, terbilang cukup mudah (hingga level tertentu). Namun sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan konsultan dan kontraktor yang memang sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini. Proses desain ini, memang terlihat mudah. Namun jika terjadi kesalahan, walaupun kecil, akibat yang ditimbulkan sangat besar, rumah terbakar hingga kehilangan jiwa dapat terjadi.

Risk #3: Aging and degraded connectors
Menggunakan produk dengan biaya murah, tentu dapat menghemat banyak biaya. Namun yang perlu anda ingat, sistem panel surya tidak terpasang hanya untuk 1 atau 2 tahun saja. Umur sistem dapat mencapai 25 tahun, hingga lebih. Sehingga, pastikan komponen produk pendukung yang terpasang, juga memiliki kualitas yang baik untuk dapat bertahan sesuai dengan umur panel surya.

Risk #4: Electrical hazards
Pengaman sangat penting dalam sistem panel surya. Karena pengaman ini, akan memberikan jaminan untuk mengurangi resiko setrum, korsleting dan sebagai alat pencegahan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi, jika anda ingin memahami dan memasang sistem panel surya secara aman.