hallo rekan-rekan pegiat Rewable energy yang luar biasa,

Sistem panel surya yang digunakan bersamaan dengan listrik PLN atau lebih kita kenal dengan ongrid system. untuk saat ini mulai banyak diminati pengguna panel surya di indonesia, pasalnya dengan memilih ongrid system artinya penghematan dari investasi panel surya mampu ditekan cukup besar, Cara kerja Sistem ini dengan mengubah sinar matahari dari panel surya menjadi energi listrik yang dihubungkan ke Grid PLN, sehingga dapat digunakan secara langsung oleh peralatan listrik yang ada di rumah. Sistem ini sangat cocok digunakan untuk pelanggan rumah tangga di Indonesia, karena sinar matahari ada sepanjang tahun dengan waktu penyinaran rata-rata 4 jam setiap harinya. maka nilai investasi kecil namun berdampak cost penghematan yang cukup signifikan mulai berbondong-bondong orang mengajukan untuk memiliki kwh exim export import photovoltaic kepada PLN.

apa saja dokumen yang harus dipersiapkan? bagaimana cara mengurusnya, berapa perkiraan biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan KWH Exim akan kita bahas disini.

Panduan Ongrid system untuk Pemula bisa baca disini

mari kita bahas bersama;

Net Metering – kWh EXIM adalah sebuah sistem layanan, dimana listrik yang dihasilkan oleh sistem pembangkit listrik tenaga surya yang memenuhi syarat di rumah tangga dapat dikoneksikan (dikirim) ke jaringan distribusi PLN, dan dapat digunakan kembali untuk konsumsi oleh rumah tangga tersebut. Di Indonesia, Net Metering telah diamanatkan oleh PLN dalam Peraturan 0733.K/DIR/2013, yang mewajibkan PLN untuk mengkredit energi yang dihasilkan oleh tenaga surya ke rekening pelanggan. Sehingga pelanggan dapat mengirim (ekspor) produksi listrik harian mereka, dan sekaligus mengkonsumsi (impor) listrik dari PLN untuk digunakan kembali. Untuk menerapkan Metering Net, pelanggan rumah tangga akan dipasangkan alat pembaca meteran listrik 2 arah (kWh Meter EXIM – Expor Impor).

Untuk menggabungkan sistem panel surya atap dengan listrik PLN ada beberapa hal yang perlu dilakukan kita siapkan terlebih dahulu :

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini

  1. Panel surya atap harus sudah terpasang terlebih dahulu di rumah.
  2. Mengisi Form Fotovoltaic permohonan kwh exim
  3. Surat kuasa permohonan KWH exim
  4. FC KTP, FC NPWP
  5. SLO atau Sertifkat layak Operasi yang diperlukan untuk mendapatkan penggantian dengan KWH Exim
  6. SLD Single line diagram
  7. Mengisi spesifikakasi Panel surya, spesifikasi Inverter
  8. Datang ke PLN dan mengisi formulir yang telah disediakan kemudian membayar sesuai dengan biaya yang dibebankan.
  9. Pada PLN rayon tertentu ada yang mensyaratkan data Suket dari RT/RW, dan dokumen lainnya

82795282_4173572679319607_6382036680002299098_o

Download File dokumen penunjang pengajuan KWH exim :
1. Permen-PLTS-Rooftop
2. Permen ESDM Nomor 49 Tahun 2018
3. (SLD) New Diagram Satu Garis
4. Form Permohonan Pemasangan KWH photovoltaik with Single line diagram
5. Form Permohonan KWH Exim photovoltaik
6. ICASolar PV System – On Grid
7. PLTS Atap On-Grid ICASolar (PERUMAHAN)
8. Buku Instalasi PLTS Dos & Don’ts

untuk dokumen Nomer 1 – 4 tentu sudah tercantum pada file yang bisa kita download diatas,  untuk No 5 kita harus urus SLO sertifikat laik operasi terlebih dahulu, untuk alur pengurusan SLO seperti ini

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah per bulan dari panel surya begini caranya baca disini

Prosedur Penerbitan SLO Instalasi Pemanfaatan Tegangan Rendah

  1. Calon pelanggan melakukan pendaftaran SLO melalui slo.djk.esdm.go.id/pendaftaran dan mengisi form pendaftaran sesuai form data calon pelanggan. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan cara menghubungi salah satu Lembaga Inspeksi Teknik di nomor urut 1 s.d. 10 pada daftar Lembaga Inspeksi Teknikatau melalui Layanan Satu Pintu (LSP) pada pengajuan penyambungan baru listrik PT PLN (Persero).
  2. Untuk pendaftaran SLO melalui slo.djk.esdm.go.id/pendaftaran, jika pendaftaran berhasil, maka calon pelanggan akan mendapatkan email verifikasi berisi link untuk melakukan validasi pendaftaran (cek inbox/spam email yang didaftarkan);
  3. Jika pendaftaran telah tervalidasi, maka calon pelanggan akan mendapatkan email berisi informasi bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan dan mendapatkan Nomor Agenda;
  4. Lembaga Inspeksi Teknik (sesuai pilihan pelanggan pada form pendaftaran) akan menghubungi pelanggan sesuai Nomor Agenda yang diperoleh, dan mengkonfirmasi tentang biaya pemeriksaan dan pengujian dan pembayarannya serta waktu pelaksanaan pemeriksaan dan pengujian instalasi milik pelanggan;
  5. Lembaga Inspeksi Teknik kemudian melakukan pemeriksaan dan pengujian instalasi milik pelanggan sesuai mata uji pada Permen ESDM Nomor 38 tahun 2018 tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan;
  6. Jika Instalasi milik pelanggan dinyatakan Laik Operasi berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian oleh Lembaga Inspeksi Teknik, maka SLO akan diterbitkan dalam waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja oleh Lembaga Inspeksi Teknik;
  7. SLO yang telah diterima oleh pelanggan dapat digunakan untuk permohonan Sambung Baru atau Tambah Daya kepada penyedia tenaga listrik.

 

untuk Area jabodetabek bisa kita bantu pengurusan Sertifikat laik operasi SLO cukup wa.me/6285711256257
untuk biaya pengurusan SLO bervariasi tergantung besarnya daya yang kita gunakan :
setelah dokumen yang kita sebutkan diatas sudah lengkap maka segera datang Ke PLN untuk melakukan pergantian KWH exim photovoltaic, menurut berbagai info yang kita kumpulkan :
biaya pergantian kwh exim daya 1300 sekitar 1.6jtaan

biaya pergantian kwh exim daya 2200 sekitar 2.2jtaan

untuk daerah tertentu misal daerah semarang malah pergantian kwh EXIM itu free of charge alias GRATIS, namun tidak semua daerah sama seperti daerah semarang.

104666227_758886691521730_4019140368083822303_n

 

Secara garis besar jika pelanggan PLN berminat kwh exim dirumahnya, ia harus mengajukan permohonan pergantian kwh exim kepada general manager unit induk wilayah distribusi PLN dengan dilengkapi persyaratan administrasi dan teknis. Pelanggan prabayar akan diajukan perubahan mekanisme pembayaran tenaga listrik menjadi pascabayar. Setelah mengajukan permohonan, PLN akan melakukan evaluasi dan verifikasi untuk pemberian persetujuan terhadap permohonan tersebut paling lama 15 hari kerja sejak permohonan diterima secara lengkap. Jika data-data permohonan dari pelanggan belum memenuhi persyaratan administrasi atau persyaratan teknis, PLN akan menyampaikan pemberitahuan tertulis mengenai kekurangan persyaratan yang harus dilengkapi paling lambat dua hari kerja setelah evaluasi dan verifikasi. dan seperti yang telah kita singgung diatas Instalasi sistem PLTS atap wajib memiliki sertifikat laik operasi.

Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga

Adapun perhitungan ekspor dan impor energi listrik dari PLTS atap ini dihitung berdasarkan nilai kWh ekspor yang tercatat pada meter kWh ekspor-impor dikali 65% persen. Jika jumlah energi listrik yang diekspor lebih besar dari jumlah energi listrik yang diimpor pada bulan berjalan, kelebihan itu akan diakumulasikan dan diperhitungkan sebagai pengurangan tagihan listrik pelanggan bulan berikutnya. Selisih lebih yang diperhitungkan tersebut diakumulasikan paling lama tiga bulan untuk perhitungan periode tagihan listrik Januari sampai dengan Maret, April sampai dengan Juni, Juli sampai dengan September, atau Oktober sampai dengan Desember. Namun, jika akumulasi selisih lebih masih tersisa setelah perhitungan periode tagihan listrik Maret, Juni, September, atau Desember tahun berjalan, selisih lebih dimaksud akan dinihilkan.

Perhitungan Tagihan Listrik kWh meter EXIM untuk net metering analisa dari jalanoka.com

  1. Tagihan pemakaian listrik pelanggan pengguna Fotovoltaik yang bertransaksi ekspor-impor tenaga listrik tetap diberlakukan Rekening Minimum (RM).
  2. Tagihan listrik atas pemakaian energi PLN pada kWh meter ekspor (energi listrik dari PLN yang dikonsumsi pelanggan) yaitu stand pemakaian pada kWh meter ekspor tetap dimasukkan ke aplikasi PLN seperti mekanisme perhitungan rekening listrik pada umumnya. Sedangkan untuk energi listrik dari kWh meter impor (energi listrik dari sistem panel surya yang masuk ke sistem PLN ) dicatat dan dihitung menggunakan tarif yang berlaku sesuai golongan tarif pelanggan tersebut.

Contoh Perhitungan pelaksanaan net metering dengan kWh meter EXIM dengan pelanggan PLN dengan Golongan Tarif R1/TR 2200VA.

  1. Stand pada kWh meter yang dikonsumsi pelanggan tercatat sebagai berikut :
    1. Stand lalu (N-1) : 1200 kWh
    2. Stand kini (N) : 1760 kWh *
    3. Pemakaian : 560 kWh
  2. Energi listrik dari sistem listrik surya yang masuk ke sistem PLN tercatat sebagai berikut :
    1. Stand lalu (N-1) : 2000 kWh
    2. Stand kini (N-1) : 2250 kWh
    3. Pemakaian : 250 kWh

Maka perlakuannya :

  1. Stand poin 1 tetap di input ke aplikasi PLN untuk dilakukan proses rekening sebagaimana biasa.
    • Tarif R1/TR 2200VA pada 2020 sebesar : Rp. 1.467,28/kWh
    • kWh ekspor yang harus dibayar : 560 kWh x Rp. 1.467,28/kWh = Rp. 821.676,-
  2. Stand poin 2 dilakukan perhitungan di luar aplikasi :
    • Tarif R1/TR 2200VA pada 2020 sebesar : Rp. 1.467,28/kWh
    • kWh impor yang harus dioffset sebesar : 65% x 250 kWh x Rp. 1.467,28/kWh = Rp. 238.433,-
    • Dibuatkan Berita Acara perhitungan dan dimasukkan ke aplikasi PLN melalui menu kompensasi dengan nama  “pengurang taglis fotovoltaik”, sedangkan kWh impor sebesar 250 kWh akan dimasukkan di laporan Neraca Energi sebagai penerimaan dari sistem listrik surya.
  3. Maka nilai tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan adalah Rp. 821.676,- dikurangi Rp. 238.433,- yang setara dengan Rp. 583.243,-.
  4. PLN membuat monitoring Transaksi Fotovoltaik untuk pelanggan dimaksud dengan formulir yang sudah ditentukan.

Dari contoh perhitungan diatas maka diketahui Anda hanya membayar tagihan listrik per bulan setara kurang lebih 70% dari nilai tagihan sebelum menggunakan listrik surya atau hemat 30%

Merintis RT/RwNet bertenaga surya dengan Omset puluhan juta bisa dibaca disini

Bagaimana system ongrid mampu Menghemat Energi ?

Area perkotaan merupakan salah satu area yang sangat potensial dalam menggunakan solar grid tie. Hal ini karena:
  • Daerah perkotaan merupakan area tertinggi dalam mengkonsumsi energi.
  • Solar grid tie dapat memanfaatkan atap rumah dan bangunan sebagai ladang energinya, sehingga dapat memanfaatkan area tidak terpakai secara maksimal.
  • Kapasitas solar grid tie dapat menyesuaikan kebutuhan listrik rumah dan dapat ditingkatkan kapasitasnya dengan mudah.

Mengaplikasikan solar grid tie sangat mudah, mengetahui kebutuhan listrik harian adalah syarat utama. Selanjutnya menentukan lokasi penempatan dan luas area yang dibutuhkan adalah syarat lain yang harus disiapkan. Untuk lama waktu pemasangan, dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan lokasi pemasangan. Namun, idealnya dibutuhkan waktu 3 hari untuk memasang penyangga modul dan 1 hari untuk melakukan instalasi koneksi solar grid tie dengan jaringan PLN rumah. Keuntungan utama penggunaan solar grid tie adalah penghematan konsumsi penggunaan listrik PLN. Hal ini mungkin karena sebagian konsumsi listrik akan disuplai oleh sistem panel surya solar grid tie. gimana mantap bukan,

tertarik memasang kwh exim ? ya pasang dulu panel suryamu…. oke.

jossss gandosss


Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah per bulan dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.
Panduan Ongrid system untuk Pemula bisa baca disini

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini
Merintis RT/RwNet bertenaga surya dengan Omset puluhan juta bisadibaca disini

Membuat Alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun >>>
Bukalapak : 
https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi
Shopee : https://www.shopee.co.id/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy