Hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Well, jika kita asal dalam mendesain system Panel surya terutama soal rangkaian seri paralelnya akan berdampak pada perolehan produksi dari keseluruhan PV tersebut, karena jika perhatikan dengan seksama antara panel satu atau dua panel dihubungkan kedua akan mempunyai sebuah korelasi satu sama lainnya. Bolehkah Mencampur panel surya dengan berbagai tegangan atau watt, atau power dari produsen yang berbeda? adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebagian besar DIYers Mania. terutama para pengguna panel surya yang ada diindonesia, seringkali melakukan hal-hal demikian, misal PV 100wp digabungkan dengan PV 50wp, Meskipun mencampur panel surya yang berbeda tidak dianjurkan, namun itu tidak dilarang dan semuanya akan baik-baik saja selama masing-masing parameter listrik panel surya (tegangan, watt, amp) dipertimbangkan dengan cermat dan teliti. Sebenarnya menghubungkan panel surya Beda pabrikanpun tidak jadi masalah, Masalahnya terletak pada karakteristik listrik panel yang berbeda, karena bisa terjadi penurunan kinerja yang berbeda dari keseluruhan system panel surya tersebut. kalau seri palaler beda Tier 1 dengan grade A gimana ? tentang itu baca disini dulu ya  pada intinya bisa dengan mempertimbangkan faktor2 diatas, kok isa,  bagaimana seri paralel panel surya yang baik ? menparalel – seri panel surya beda Amper, Watt & tegangan agar optimal bagaimana? !! Sudah memparalel seri PV kenapa produksi blum maximal?? Mungkin faktor ini salah satunya yg luput perhatiannya.

mari kita ulas bersama berikut ini..

Menyatukan panel surya tujuannya tentu untuk meningkatkan tenaga surya. Menghubungkan lebih dari satu panel surya secara seri, paralel atau dalam mode campuran adalah cara yang efektif serta mudah tidak hanya untuk membangun sistem panel surya yang hemat biaya tetapi juga membantu kita menambahkan lebih banyak panel surya di masa depan untuk memenuhi kebutuhan kita yang semakin meningkat setiap hari mengenai listrik. maka desain awal sebuah system panels surya harus kita perhatikan agar kinerja panel surya kita bisa berjalan dengan baik dalam masa yang kita perlukan.

berikut ini Catatan penting saat kita hendak seri paralel panel surya ;

Cara Menghubungkan panel surya ada beberapa system sebagai berikut :
– Secara seri ;
menghubungkan panel surya secara seri ketika ingin mendapatkan tegangan yang lebih tinggi.
– Secara Paralel ;
Jika perlu mendapatkan arus yang lebih tinggi, harus menghubungkan panel secara paralel.
– Secara Seri-Paralel (Kombinasi)
Jika membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dan arus yang lebih tinggi juga, maka harus menerapkan kedua mode koneksi atau campuran, yang berarti bahwa sebagian panel surya harus dihubungkan secara seri, sedangkan sisanya harus dihubungkan secara paralel.

Apa yang perlu diperhatikan dalam merangkai seri panel surya ?

Paling penting untuk diingat adalah bahwa mode koneksi panel surya akan memberikan hasil produksi watt yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika output daya dari panel surya tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik harian Anda, maka harus memikirkan untuk menambahkan lebih banyak panel surya dalamnya, baik secara seri atau paralel. Agar mendapatkan sistem panel surya efisien maksimumnya untuk melengkapi kebutuhan listrik anda,

Beberapa prinsip dasar terkait dengan menghubungkan panel surya ; Pengkabelan panel surya fotovoltaik secara seri Seperti yang kami katakan di atas, saat menghubungkan panel surya secara seri, kita mendapatkan peningkatan watt dalam kombinasi dengan tegangan yang lebih tinggi. ‘Tegangan yang lebih tinggi’ seperti itu berarti koneksi seri lebih sering diterapkan pada sistem tenaga surya pada system On grid dengan input mpptnya  hvdc biasanya bisa 100-500Hvdc, koneksi seri juga sering dipakai pada scc jenis MPPT, seperti pada mppt makeskyblue, powMR, Epever dan lainnya yang input tegangan Voc sampai 150Vdc. maka saat seri panel surya .

  • Tegangan sistem paling tidak 24 volt, tegangan system 24v itu mengacu pada Voc panel surya ya. bedakan tengangan system 24 panel surya dengan tegangan 24 V battery. tegangan system 24 panel surya berkisar antara 23VDc- 34Vdc paham ya.
  • Tegangan keluaran susunan panel surya diumpankan ke SCC. Saat kita menyambungkan panel surya secara seri, total arus keluaran dari susunan pane surya adalah sama dengan arus yang melewati satu panel, sedangkan total tegangan output adalah jumlah dari tegangan yang turun.
  • sebaiknya pahami dulu tentang datashet sebuah panel surya, jika kita salah lengkah seri paralel bisa mengakibatkan scc atau inverter bledosss, baca disini ya tentang datashet panel surya

Panel mono dan poly bolehkah digabung ?

boleh, tentu dengan catatan-catatan dibawah ini harus diperhatikan, tentang mono vs poly yang paling baikbaca disini ya.

Pemahaman Rangkaian Seri dan Pararel pada panel surya sebagai seberikut ini :

Keterangan Rangkaian Seri Rangkaian Pararel
Definisi Rangkaian listrik panel surya yang komponennya disusun secara sejajar hanya melalui satu jalur aliran listrik. Rangkaian listrik panel surya yang komponennya disusun berderet dimana terdapat lebih dari satu jalur listrik (bercabang).
Arus Arus yang mengalir adalah sama besar pada masing-masing beban. Arus bertambah sesuai jumlah arus yang keluar dari sumber listrik panel surya.
Tegangan Tegangan bertambah sesuai jumlah tegangan yang keluar dari sumber listrik panel surya. Tegangan yang mengalir adalah sama besar pada masing-masing beban.
Kelebihan
  • Lebih hemat biaya karena tidak diperlukan banyak kabel tambahan.
  • Analisa kerusakan lebih cepat dapat dilakukan.
  • Lebih efisien dalam menghantarkan arus listrik.
  • Arus yang mengalir pada masing masing beban / komponen adalah sama.
  • Karena masing masing komponen tehubung ke sumber listrik maka jika ada salah satu komponen mati, komponen lain tidak akan terpengaruh.
  • Semua komponen satu sama lain tersusun paralel dengan sumber listrik maka semuanya akan mendapat tegangan yang sama.
  • sedikit boros pada pengkabelan
Kekurangan
  • Jika salah satu komponen atau beban di rangkaian string mati maka keseluruhan rangaian akan mati total atau dengan kata lain arus listrik akan terhenti karena ada satu masalah itu
  • Hambatan /resistansi rangkaian seri itu sendiri menjadi lebih besar karena merupakan jumlah total hambatan beban yang ada.
  • Pada penggunaan lampu misalnya lampu listrik AC, lampu akan menyala tetapi tidak bersinar dengan terang yang sama karena adanya perbedaan tegangan.
  • Kabel dan saklar yang digunakan menjadi cukup banyak tergantung jumlah beban yang ada, sehingga biaya untuk membangun rangkaian paralel lebih besar daripada seri.
  • Pada saat terjadi kesalahan pada rangkaian yang lebih kompleks, maka akan lebih sulit untuk menemukan penyebabnya. Karena semua beban dihubungkan secara paralel sehingga harus dicek di tiap komponen atau beban yang dihubungkan.
Rumus Rangkaian Seri Dan Pararel Dalam Sistem Listrik Surya Rangkaian Seri Dan Pararel Dalam Sistem Listrik Surya

 

 

 

 

 

 

Apa yang kami rekomendasikan dalam menseri-paralel panel surya ?

Ada cara dasar tetapi sangat berbeda untuk menghubungkan panel surya bersama-sama dan setiap metode koneksi dirancang untuk tujuan tertentu. Misalnya, untuk menghasilkan lebih banyak tegangan keluaran atau untuk menghasilkan lebih banyak arus. Panel surya dapat ditransfer dalam kombinasi seri atau paralel untuk meningkatkan tegangan atau arus listrik masing-masing, atau mereka dapat dihubungkan bersama dalam seri dan paralel untuk meningkatkan tegangan dan output arus menghasilkan array watt yang lebih tinggi. ketika kita menghubungkan dua panel surya lebih banyak, selama Anda memahami prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana menghubungkan beberapa panel surya bersama-sama meningkatkan daya serta bagaimana masing-masing metode pengkabelan ini bekerja, tentu kita dapat dengan mudah memutuskan bagaimana cara menyatukan panel-panel kita sendiri. Bagaimanapun, menyambungkan panel surya bersama dengan benar dapat sangat meningkatkan efisiensi tata surya yang kita pasang. berikut point pentingnya :

berikut ini  tips-tips agar optimal dalam rangkaian seri paralel panel surya kita :

1) Gunakan panel yang memiliki peringkat karakteristik yang sama, hal itu dibuktikan dengan melihat Voc, Isc pada nameplate panel surya kita.
2) Saat menghubungkan panel surya yang berbeda, untuk meminimalkan kerugian loss power ada beberapa point berikut ;

  • Sambungkan hanya dalam panel seri merek yang berbeda dan dari arus yang sama.
  • Hubungkan panel paralel dari merek yang berbeda namun mempunyai tegangan yang sama.
  • Menghubungkan panel surya dg karakteristik yang berbeda tidak disarankan karena voltase atau arus mungkin berkurang. Hal Ini mengarah pada daya output keluaran yang lebih rendah, atau lebih sedikit menghasilkan listrik tenaga surya. Karena itu, jika berencana untuk menggunakan panel yang berbeda, cobalah untuk memilih panel dengan tegangan dan arus yang serupa.
  • Gunakan MPPT. Setiap panel yang berbeda dalam array surya memiliki titik pelacakan tenaga surya optimal yang berbeda pada saat tertentu. Maka solusinya menggunakan pengontrol jenis MPTT. Panel surya yang berbeda mengurangi keefektifan pengontrol untuk melacak titik daya optimal ini. Pengontrol muatan surya MPPT merupakan perangkat yang lebih pintar daripada pengontrol muatan PWM berkenaan dengan kemampuannya memeras lebih banyak tenaga surya dengan melacak titik daya optimal panel PV atau susunan surya. Ketika mencari titik optimal, bagaimanapun juga mppt tidak cukup pintar untuk melakukan triangulasi antara begitu banyak titik daya optimal yang berbeda dari berbagai karakteristik PV berbeda yg telah disusun. untuk mppt vs pwm lebih joss mana baca disini 
  • Tambah banyak controller PWM, jika kita punya panel surya 100wp dan 50wp untuk mencharge battery 100Ah maka lebih baik kita buat 2 string dengan 2 scc hal ini akan lebih optimal produksi panel surya yang kita miliki.
  • Perhatikan diameter dan panjang kabel dari PV ke scc. diameter kabel dan bahan kabel sangat berpengaruh dalam produksi listrik panel surya hal itu pernah kita ulas antara perbedaan kabel ijo vs Tinned cooper bisa baca disini 
  • gunakan dioda blocking seandainya diperlukan bila ingin seri paralel pada panel surya beda wp untuk materi dioda blocking bisa dibaca disini 

3) Aplikasi seri paralel serta hitungan loss powernya. Perhatikan urutan angka pada gambar

1. Seri beda watt & voltase.
Pada gambar 1, panel surya dihubungkan Seri beda watt – voltase pada gambar 1 mengalami penurunan power sebanyak 3 % hal ini dipengaruhi range watt serta tidak terlalu jauh dari rentang keseluruhan panel yg diseri.
Perhitungan nya ;
Total voltage = 3 x 19v = 74 V
Total current 8 A
Total power loss 74 x 8 : 592 w , loss 3%

2. Seri beda Amper & voltase.
Seri beda Amper – voltase pada gambar 2 mengalami penurunan power sebanyak 40%

Perhitungan
Total voltage = 3 x 19v +17+18 = 73
Total current 5A yg pling kecil
Total power loss 73x 5 : 365 w , loss 40%

3. Perfect Seri
Tidak perlu dijelaskan karena sudah paham, jika menghubungkan panel satu karakteristik maka pasti hasilnya perfect josss gandosss kan.
Menghubungkan panel surya secara seri digunakan untuk meningkatkan total tegangan sistem. Panel surya dalam seri umumnya digunakan ketika Anda memiliki inverter yang terhubung ke jaringan atau pengontrol muatan yang membutuhkan 24 volt atau lebih. Untuk menyambungkan panel bersama-sama, Anda menghubungkan terminal positif ke terminal negatif setiap panel sampai Anda memiliki satu koneksi positif dan negatif.

4. Perfect Paralel
Anda juga uda paham hal ini perfect paralel dengan hasil yang bagus

5. Paralel beda voltase dan watt
Dalam satu rangkaian paralel pv terdapat satu lembar yg berbeda v dan watt nya maka lossnya mencapai 11 %

Perhitungan
Total voltage = 17 v
Total current 4 x 8 = 32 A
Total power loss 17 x 32 = 544 w, loss 11%

6. Paralel beda voltase, Amper dan watt
Dalam satu rangkaian paralel pv terdapat dua lembar yg berbeda v ,A dan watt nya maka lossnya mencapai 22 %

Perhitungan
Total voltage = 17 v
Total current 2 x 8 + 5+ 7 = 28 A
Total power loss 17 x 28 = 476 w, loss 22%

7 & 8. Adalah solusi menggunakan banyak controller jenis PWM untuk memaksimalkan paralel PV yg beda karakteristik

9. Perfect seri dan paralel.
Tentu memperhatikan point2 diatas

Gimana sudah paham?
Jangan-jangan loss power produksi PV dipengaruhi oleh desain seri paralel yg salah…cek ulang dahhh…

Ojo sampekk mumetan..
Colek penghuni grupp…

Salam jossss Wilmar Djoe Amura Mdjms Bima’mbe Mbe Suyitno Ledeng Slamet Sutrisna Eh Akrie Kelvin Arkan Andhika Chandra Wijaya Ali Mahmudi Af Afroni Alby Athaya Putra Pratama Anas Basori Alwi Murtadho Pri Aza Ade Yuswantoro Andi Sinaga Deky Prasetyo Mera Tania Daniatun Vay Diaz Fahrur Demak Kriswanto Bin Warto Diharjo Maz Gorro George Frans Nur Harjanto Chandra Hermawan Bambang Nako Wijanarko Hermawan Riyadi Lek Sigit Yuliastono Indrawan

Rangkaian seri dan pararel dalam sistem listrik surya dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi yang sesuai, agar listrik yang dihasilkan panel surya dapat digunakan secara maksimal. Tidak ada standar baku yang menentukan kapan rangkaian seri dan pararel digunakan dalam sistem listrik surya, namun ada beberapa hal yang dapat menjadi poin pertimbangan pemilihan antara kedua sistem tersebut sehingga system panel surya kita dapat berkerja dengan baik. artikel lama dari materi ini ada disini

untuk merancang 1000watt dengan dana 5jtaan bisa baca disini
Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

Bingung pilih Ongrid atau offgrid baca selengkapnya disini
Antara mono dan poly lebih bagus mana baca disini juga
Antara Pwm vs MPPT siapa yang paling baik baca disini ya

Membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

Membuat alat perangkap hama murah meriah dengan tenaga surya bisa baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya, bingung apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel bergaransi up to 15tahun https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy