Haloo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Sudahkah anda tahu tentang Bifacial Double Glass PV ? Panel surya yang bisa menghasilkan listrik dari atas dan bawah ?

Salah satu inovasi tenaga surya terbaru serta diproyeksikan akan tumbuh secara eksponensial dalam popularitas untuk beberapa tahun mendatang – adalah panel surya bifacial. Panel bifacial memiliki sel surya di kedua sisinya. Bagian depan menangkap sinar matahari saat bagian belakang menyerap cahaya yang dipantulkan. Lebih banyak sinar matahari yang ditangkap berarti efisiensi sel surya yang lebih besar dibandingkan dengan array panel surya tradisional yang hanya menggunakan sel surya didepan saja. Teknologi bifacial salah satu tren Panel surya dengan teknologi yang paling banyak dibicarakan dalam dunia PV pada tahun 2018.

Gimana menarik bukan, bisa menghasilkan litrik dari atas dan bawah panelmu ?…
mari kita ulas bersama.

Apa itu bifacial double glass ?

Modul surya tanpa bingkai yang juga dikenal sebagai Double Glass Solar Panel adalah produk inovatif menggunakan lapisan sel surya yang dilaminasi antara dua kaca 2.5mm yang diperkuat dengan panas pada lembaran belakang polimer tradisional.

Bifacial bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik di kedua sisi atas dan bawahnya. Mereka berbeda dari panel surya monofasial yang hanya menggunakan satu sisi untuk produksi energi surya. Kata bifacial berasal dari awalan “bi-” (artinya dua), dan “facial” (untuk wajah).

Bifacial dilengkapi dengan sel surya di bagian atas dan belakang panel. biasanya monokristalin, meskipun polikristalin dapat digunakan. Alasanya Karena lebih ramping, mereka menyerupai panel thin. Panel surya bifacial juga sering tanpa bingkai (frameles)


Cara kerja Bifacial Double Glas Perc bagaimana ?

Sel surya teratas dari sistem panel surya bifacial menghadap matahari, sehingga mereka menangkap sinar matahari secara langsung, serta menyerap panjang gelombang tertentu. Sel surya atas berfungsi sama halnya susunan panel surya konvensional.

 

Sel surya bagian bawah menyerap cahaya yang terpantul dari tanah. Cahaya ini disebut cahaya albedo. Warna putih atau terang bisa memantulkan lebih baik daripada warna gelap. Seperti cat permukaan putih atau perak di atap atau jalan beton di bawah panel memberikan efek yang sama juga. Studi menunjukkan bahwa permukaan putih memantulkan lebih dari 80% cahaya albedo. Sedangkan Rumput hanya 23% saja

 

Makanya Untuk mengoptimalkan operasi sel-sel dibawah, lebih disukai menggunakan silikon unggul seperti sel monokristalin. Tidak seperti sistem panel surya monofasial yang ditempatkan di rak-rak sejajar dengan permukaan seperti atap, bifacial menghasilkan lebih banyak energi ketika mereka bisa miring dari atap atau tanah pada berbagai derajat tertentu. Karena sinar matahari memantul dari semua benda secara reflektif pada banyak sudut yang berbeda, panel surya bifacial lebih mampu menangkap lebih banyak akan itu. bahkan mampu produktif pada saat cuaca berawan sekalipun ketika sel surya monofasial berada pada posisi yang lebih buruk.

Bagaimana cara memasang panel bifacial ?

 

Seperti kita tahu pemasangan panel biasa pada atap-atap rumah kita, pemasangan panel bifacial cukup unik. Untuk menghasilkan dua puncak energi sepanjang hari, setengah dari bifacial dalam sebuah array harus dapat dimiringkan ke timur untuk menangkap sinar matahari terbit dan pagi; bagian kedua, ke barat, untuk menyerap intensitas sore dan sinar matahari terbenam.maka kebanyakan pemasangan bifacial ya harus memakai tracker

 

Alternatif instalasi lain menempatkan bifacial itu secara vertikal. Pengaturan ini juga akan memiliki puncak ganda setiap hari. Selama setiap puncak, pantulan sinar matahari di sisi lain dari panel surya juga akan berkontribusi pada produksi energi. Keuntungan dari sistem vertikal adalah salju atau pasir yang berhembus dalam peristiwa cuaca tidak akan menghalangi fungsinya memproduksi litrik.


Kelebihan panel bifacial apa ?

Modul bifacial mendapat manfaat dari berkurangnya penggunaan backsheet organik. Komponen memiliki fire safety yang tinggi, degradasi jangka panjang yang rendah, ketahanan terhadap kelembaban, korosi, api, pasir dan abrasi! Namun, hambatan terbesar yang menghambat pengembangan mereka adalah beban berat serta biaya tinggi karena modul memiliki kaca ganda.

Bagaimana efisiensi Bifacial jika dibandingkan panel biasa ?

Efisiensi mengacu pada seberapa baik sel surya mengubah jumlah total energi matahari yang menimpa permukaannya menjadi energi listrik. Sebuah studi 2018 oleh LONGi Solar menunjukkan bahwa bifacial dapat meningkatkan efisiensi sebesar 11% dibandingkan dengan sistem panel surya konvensional. Peningkatan efisiensi sel surya bifacial bisa dapat setinggi 27% dengan sistem pelacakan matahari yang memiringkan sel surya terus menerus ke arah matahari selama lintasannya melintasi langit. Sistem ini mempertahankan orientasi panel tegak lurus terhadap matahari sepanjang hari sehingga paparan langsung maksimum sel terhadap radiasi energi matahari lebih baik.

Type of Solar Panel Total Solar Cell Efficiency
Monofacial Monocrystalline 18% +
Monofacial Polycrystalline 15–17%
Monofacial Thin-Film 11–15%
Bifacial Monocrystalline 20% +

 

Siapa saja Produsen Bifacial solar ?

Produsen pembuat sel surya yang mampu membuat produk bifacial membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi daripada monofacial,ya karena sebuah insentif diterapkan dengan menambahkan output daya sisi belakang ke modul panel bifacial, adapun produsennya saat ini adalah :

 

  • Amerisolar: berbasis di California dengan modul yang dibuat di AS dan di Cina
  • Silfab Solar: Produsen panel surya bifacial Amerika Utara
  • Sunpreme: R&D yang berlokasi di California dan produksi di Cina

 

Bisakah panel surya bifacial dipasang di rumah kita ?

Bisa saja, dengan catatan-catatan :

Karena panel surya bifacial membutuhkan lebih sedikit ruang untuk menyediakan jumlah tenaga surya yang sama dengan beberapa sistem panel surya konvensional,kita tidak memerlukan tanah sebanyak mungkin, tetapi kita memang membutuhkan permukaan berwarna terang agar bekerja optimal panel bifacialmu.

Modul bifacial dapat meningkatkan produksi listrik, dan pangsa pasar diharapkan meningkat dengan cepat, dengan harga yang kompetitif tentunya.

Gimana tertarik pasang panel surya Bifacial,

sekian informasinya, nanti kita bahas lagi hal-hal menarik mengenai Renewable Energy.

Salam luar biasa.
Semoga sehat selalu.