hallo rekan-rekan pegiat Renewable Energy yang luar biasa.

Peminat PLTS kiat hari makin banyak jumlahnya terbukti banyaknya anggota grup-grup yang bisa ada penambahan 1000 orang per-bulannya. mantap bukan…!!

Maka tak heran juga jika mereka punya keinginan untuk menggunakan PLTS agar bisa backup kebutuhan listrik rumah tangga. banyaknya pertanyaan awal dari para pemula plts tentang berapa biaya untuk membangun system sederhana plts ?hai itu menyulut kami ingin berbagi pengalaman tentang seberapa besar biaya yang mungkin bisa diterapkan untuk kebutuhan listrik, yang kita tahu bersama tiap hari kebutuhan peralatan elektronik selalu bertambah ketergantungan akan listrik kian naik sehingga cost untuk membayar tagihan listrik kian membengkak. tentu sebagian kita ada yang sudah membaca tentang berita tagihan listrik seorang aktris ibukota mencapai 50juta sebulan, angka yang lumayan besar jika kita berniat investasikan ke PLTS bisa menghemat biaya listrik serta kesinambungan mendukung penggunaan listrik ramah lingkungan. josss lahh

Kali ini kita mencoba merancang biaya PLTS dengan kemampuan Inverter 1000watt dengan biaya seminim mungkin :

Rancangan ini cocok untuk daerah yang tidak memiliki Sumber Listrik PLN memadai. Juga cocok untuk Backup ketika listrik rumah Anda padam. terlebih cocok untuk yang suka berinovasi dengan budget pas-pasan

Apa saja bahan yang diperlukan ? berapa biayanya ? bagaimana kemampuanya.. maintenance seperti apa ?
kita pelajari bersama disini.

Bahan- bahan yang diperlukan :

  1. PV 200wp
  2. Inverter 1000watt
  3. Battery 100Ah
  4. Scc 30A PWM
  5. kabel 6mm tinned cooper 10M
  6. MCB dc
  7. Box 8way

Harga dari bahan-bahan diatas sebagai berikut :

  1. PV 200wp => 1.5jutan
  2. Inverter Joss 1000watt => 1.8jutaan
  3. Battery VRLA AGM 100Ah = 1.2jutaan
  4. Scc 30A PWM = 100rbuan
  5. kabel tinned cooper 10M =250rbuan
  6. MCB dc = 100ribuan
  7. Box 4way = 50ribuan
  8. Lainnya

Dengan Modal 5juta kita sudah dapat perlengkapan Solar dengan kemampuan Inverter 1000watt, sebagai catatan harga diatas adalah harga dengan mendapatkan barang-barang dengan kualitas baik, garansi jelas dan tidak rewel. jika menggunakan barang kualitas low. malah bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah misal inverter pakai yang harga 500ribuan, battery beli aki kuah bekas 400rbuan, tentu cost nya akan sedikit lebih murah daripada yang saya sebutkan diatas, paham ya..

Inverter joss 1000watt ini sangat mungkin di load sampai 1000watt, asalkan battery mampu mensuplai sejumlah Amper untuk mendukung mengeluarkan 1000watt itu, paham ya.

Jadi siapkan battery yg mampu mengeluarkan minimal 80A untuk mensuport system battery 12v dengan keluaran 1000watt, 80Amper ya bukan Ah. Beda konsteknya.

Kalau cuma 100Ah, ya berikut rinciannya ;

battery 100 Ah jika diload 1000watt akan kuat berapa jam, baca disini ya

Catatan penggunaan :

  • PV 200wp mampu menghasilkan 200×4 penyinaran = 800watt hour / perhari
  • Inverter Joss mampu diload sampe 1000watt asalkan battery mampu menyediakan Amper yang cukup untuk mencapai angka itu
  • battery 100Ah itu dapat mengeluarkan 12×100 = 1200watt hour jika dikuras habis, maka kita taruh rata-rata pengguna max 60% saja atau 800watt hour seperti pendapatan input dari panel surya.

Perhitungan daya yang dihasilkan untuk pemakaian harian :

  1. Untuk beban 4 lampu LED DC 5 watt selama 12 jam : 20watt x 12jam = 240 watt hours

Maka total beban lampu 240watt hours

dari perhitungan diatas, masih tersisa 560 watt hour yang bisa kita gunakan untuk menghidupkan peralatan AC sebagai berikut :

Bisa kita gunakan untuk :

  1. TV 75 watt = 4 jam atau 300watt hour
  2. Kipas angin 25 watt = 3jam atau 75watt hour
  3. Radio 35watt = 4jam atau 140watt hour
  4. Charger gadget elektronik 5watt = 7 jam atau 35watt hour

Dengan management penggunaan diatas diharapkan battery mampu bertahan diatas 3tahun. sebenarnya kita bisa load maximal battery dengan beban rata-rata total 100watt selama 10jam namun nantinya lifecycle battery akan menjadi pendek akibatnya pada tahun berikutnya kita harus membeli battery lagi untuk menggantikan yang kita sekarang. cara agar battery sampai diatas 3tahun baca disini ;

tentu dengan management pemakaian diatas ada yang tanya, kalau kita gunakan untuk peralatan yang lain gimana misal kulkas, mesin cuci atau magicom dan mesin pompa air ?

bisa, dengan memakai inverter kualitas joss tentu hal itu bisa saja kita lakukan namun tentu ada beberapa catatan sebagai berikut :

  1. untuk Kulkas sifatnya hidup 24jam maka jika kita mau fokus pada kulkas setidaknya battery kita harus 4x dari battery yang aku sebutkan diatas, jadi jika diatas 100Ah setidaknya harusnya menyiapkan 400Ah untuk menghandle khusus kulkas selama 24jam, disisi lain kulkas biasa kita sebut dengan inverter killer maka yang beli inverter 1000watt abal-abal dengan harga 500ribuan bisa tumbang oleh kulkas, running kulkas bisa 5x daya stanbynya yang menyebabkan sudah banyak inverter tumbang karena kulkas. ohya, jika battery 4x maka PV harus naik  minim 4x juga mengimbangi ouput dan input.
  2. mesin cuci, untuk mesin cuci yang pemakaianya tidak lama maka cukup tambahkan battery 2x dari yang kita sebutkan diatas, dengan ditambahkannya battery tentu PV dinaikan 2x dari PV yang sudah kita list diatas sana. saran paling baik dilakukan saat siang hari, saat PV sedang produksi bagus. jadi tidak menjadi beban berati pada battery selama ada penyinaran matahari
  3. magicom, sama halnya kulkas yang memakan daya besar saat running. magicom juga saat memasak bisa menarik daya sangat besar bisa diatas 500watt sendiri, maka sama kayak mesin cuci kita bisa menggunakan masak pada siang hari saat PV sudah produksi cukup kuat ya dengan catatan juga PV 3x yang kita sebutkan, battery juga harus 3x yang tertera diatas. idealnya 4x keatas malah lebih baik.
  4. untuk pompa air biasa, juga memiliki daya cukup besar saat narik daya. karena inverter kita ini bukan kaleng-kaleng hal ini tentu tidak menjadi masalah berarti. minim untuk penggunaan pompa air kapasitas battery dan pv ya harus 3x dari yang sudah kita sebutkan diatas lalu saat digunakan dijadwal pada siang hari, paling baik yaitu memilih 4x battery PV dari yang kita list diatas. paham ya

untuk maitenance hampir dipastikan low mantainance, hanya sedikit preventive yang harus kita lakukan yaitu :

  • seperti membersihkan panel surya dengan dicuci minimal sebulan sekali
  • membersihkan peralatan elektronik dari debu dan kotoran
  • untuk battery kuah penambahan air battery, battery vrla agam free maintenance
  • pengecekan instalasi kabel yang kendor

maintenance ringan yang bisa kita lakukan sendiri, tentu dengan selalu mempertimbangkan tentang safety karena ini kaitanya dengan listrik.

bagaimana menarik bukan skema diatas, tentu jika cost kita pas-passan kita bisa gunakan PLTS sesuai kebutuhan dengan management penggunaan yang baik serta perencanaan yang bagus. suatu saat kita bisa upgrade dan katakan : “say good bye pada PLN” banyak teman-teman sudah melakukan hal itu. kita bisa memulai menyiapkan perlengkapan plts dari awal disini

ada kemauan selalu ada jalan
anda bisa memulainya dari yang paling sederhana dulu
tertarik untuk mengaplikasikan Renewable energy ?

Desamu berpotensi berpenghasilan 100juta rupiah dari panel surya begini caranya baca disini

Ingin memulai listrik tenaga surya 100Owatt dengan modal 5jutaan untuk menghemat biaya bulanan PLN bisa baca disini artikelnya.

membuat system hidroponik  tenaga surya dengan penghasilan jutaan perbulan bisa baca disini

membuat alat perangkap hama dengan tenaga surya bisa baca disini

ingin memulai listrik tenaga surya, apa yang perlu disiapkan, dana dan perlengkapnya bisa baca disini


ingin punya Peralatan solar panel https://www.bukalapak.com/u/temonsujadi

Sekian pembahasan kali ini, kita akan bahas hal-hal menarik lainnya mengenai renewable energy
semoga bermanfaat semoga sehat selalu.

temonsoejadi
Pegiat Renewable energy